DAMPAK PENERAPAN ICT PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Munirah Munirah, Nurain Tuli, Muh Arif

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap tentang dampak penerapan ICT pada pembelajaran IPS terhadap minat belajar peserta didik di SDN 2 Tabongo Gorontalo dan hambatan dalam Penerapan ICT pada Pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN SDN 2 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan pengamatan. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan ICT pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial telah mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Tingkat capaian persentase partisipasi siswa khusus mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada tahun berjalan berkisar antara 80% sampai dengan 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ICT sangat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman terhadap materi yang diajarkan dan wawasannya terhadap materi yang diajarkan meningkat.

Abstract

This article aimed to determine the impact of ICT implementation on learning IPS toward the students’ learning interest  at SDN 2 Tabongo Gorontalo and to find the obstacles in implementing ICT on learning IPS. The research used was qualitative method with descriptive approach. The subjects were the students of SDN 2 Tabongo subdistrict Tabongo District Gorontalo. The findings showed that the implementation of ICT on IPS learning was able to increase the students’ learning interest. The achievement rate of the percentage of the students ' participation was 80% to 90%. This result indicted that the implementation of ICT was very helpful for the students to increase their understanding of the material being taught.


Keywords


Penerapan ICT; Pembelajaran IPS; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S., Mobonggi, A., Solong, N. P., & Arif, M. (2019). Implikasi Teknologi Informasi Komunikasi terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Kelompok Mata Pelajaran Agama. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(1), 172–193. https://doi.org/doi.org/10.30603/jiaj.v4i1.761

Arif, F. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Arifin, I. (1996). Penelitian Kualitatif. Bandung: Kalimasahada Press.

Hermanto, Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Membentuk Karakter Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1–6. https://doi.org/doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v6i1a1.2019

Khodijah, S., & Nurizzati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Sosial Siswa di MAN 2. Jurnal Edueksos, 7(2), 161–176. https://doi.org/10.24235/edueksos.v7i2.3370

Mahdum, Hadriana, & Safriyanti, M. (2019). Exploring Teacher Perceptions and Motivations to ICT use in Learning Activities in Indonesia. In Journal of Information Technology Education: Research (Vol. 18, pp. 293–317). https://doi.org/doi.org/10.28945/4366

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Munir. (2015). Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Dunia pendidikan di Indonesia, 1–13. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/Artikel_TIK/Dampak_Teknologi_Informasi_dan_Komunikasi_dalam_Pendidikan.pdf

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Call for Paper & Pengabdian Masyarakat, 1(1), 401–414. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/semnasuntag/article/download/1689/1434

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. https://doi.org/dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.742

Setyorini, R. (2015). Pemanfaatan Internet sebagai Implementasi ICT dan Sarana Memotivasi Belajar Sastra di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan (pp. 89–101). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9053/6727

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a6.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Munirah, Nurain Tuli, Muh. Arif

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam is indexed by

Sinta  

ISSN Print: 2407-2451 ISSN Online: 2621-0282

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: auladuna@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View AULADUNA Stats