Efektifitas Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Sirkulasi Darah Manusia Siswa Kelas 2 di MAN Binamu Jeneponto

Hamansah Hamansah, Muhammad Danial

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian  deskriptif  yang bertujuan, untuk mengetahui (1) bagaimana efektifitas penggunaan alat peraga dalam pembelajaran biologi dengan pokok bahasan sirkulasi  darah manusia siswa kelas 2 di MAN binamu jeneponto (2) bagaimana penggunaan alat peraga dapat mengefektifkan pembelajaran biologi dengan pokok bahasan sirkulasi  darah manusia siswa kelas 2 di MAN binamu jeneponto.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 MAN binamu jeneponto, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 IPA1 MAN binamu jeneponto, dengan jumlah responden sebanyak 29 siswa dan 1 orang guru. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui meode angket, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif berupa tabel yang menunjukkan persentase setiap item. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa alat peraga sangat efektif digunakan dalam pembelajaran biologi.

Hal ini ditunjukkan oleh jawaban siswa melalui angket dan hasil wawancara dengan guru biologi. Data tersebut umumnya menujukkan bahwa penggunaan alat peraga sangat efektif karena mempunyai banyak manfaat dalam pembelajaran biologi.  Manfaat tersebut antara lain : (1) manambah motivasi siswa, (2) meningkatkan keingintahuan  untuk memahami materi biologi, (3) meningkatkan hasil belajar siswa, (4) memberi pengaruh positif kepada siswa, (5) memberikan rasa senang kepada siswa untuk tetap belajar dan masih banyak manfaat yang lainnya.


Keywords


Alat Peraga, Biologi, MAN Binamu

References


Arif Tiro, Dasar-dasar Statistik, Ujung Pandang: universitas Makassar, 1999).

Fathurrohman, Pupuh. Strategi Belajar Mengajar.Bandung; Refika Aditama, 2007

Munadi, Yudhi. Media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada, 2008.

Rachman, dedi M. Inti Sari Biologi. Bandung: Pustaka setia, 2007.

Sadiman, Arief S. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada,1996.

Sabri Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching, 2007.

Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Syafaruddin dan Nasution Irwan. Manajemen Pembelajaran. Medan: Quantum Teaching, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Biotek

Jurnal Biotek is indexed by:


        ________________________________________________________

Jurnal Biotek

Jurusan Pendidikan Biologi (Department of Biology Education)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

ISSN Print: 2354-9106 ISSN Online: 2581-1827

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.biotek@uin-alauddin.ac.id

View Jurnal Biotek Stats