KESULITAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 GOWA

Nurhayani Nurhayani, St. Syamsudduha, Ahmad Afiif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dan mengetahui solusi yang ditempuh dalam mengatasi kesulitan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas XII di SMA Negeri 2 Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel purposif dalam penelitian ini adalah 3 guru biologi dan 67 siswa kelas XII IPA di sekolah SMA Negeri 2 Gowa.. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dibagi atas 2 yaitu instrumen butir tes untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi  dan pedoman wawancara untuk mengetahui kesulitan dan solusi yang ditempuh untuk mengatasi kesulitann guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi, menyimpulkan dan menampilkan data. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu tergolong rendah. Kesulitan yang dihadapi oleh gurudiantaranya adalah guru sulit mengatasi kemampuan siswa yang berbeda-beda, kurang mampu dalam menentukan metode dan model pembelajaran yang tepat, kurang memahami mengenai berpikir tingkat tinggi, membuat siswa merasa tertarik dalam merespon apersepsi yang diberikan, kurang mampu menyesuaikan antara soal dengan kata kerja operasional, dan belum mampu mengatasi siswa yang mempunyai perbedaaan cara untuk menunjukkan kemampuannya dalam berpikir. Sedangkan solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasi kesulitan guru dalam pembelajaran yaitu melakukan kegiatan pembelajaran secara berkelompok kepada siswa, diadakan pelatihan mengenai pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, melakukan kegiatan apersepsi dengan gaya yang berbeda dengan biasanya, belajar untuk meningkatkan kapasitas yang diperlukan dalam proses pembelajaran, lebih banyak membaca referensi terkait bagaimana cara membuat tes, mengakumulasikan nilai yang diperoleh siswa, belajar untuk membuat instrumen penilaian.


Keywords


Kesulitan Guru, Berpikir Tingkat Tinggi

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Cet. XV. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Cet. IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, Aan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hasibuan dan Moedjiono. 2009.Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hawl, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Cet. II. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hirmawan, Karel Karsten. 2013. Pemikiran Magis, Ketika Batas Antara Magis dan Logis Menjadi Bias. Cet. I. Jakarta: PT Indeks.

Jones, Honneke. “ The Curriculum Journal Thoughts on teaching thinking: perceptions of practitioners with a shared culture of thinking skills education”, Newcastle University, UK 19, no. 3 (2008): h. 309-324.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012.Taksonomi Kognitif, Perkembangan Ragam Berpikir. Cet. I. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Latunconsina, Nurkhalisa. 2013, Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran, Cet. I; Makassar: Alauddin University Press.

Matthew B. Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, Michael A. 1992. Qualitative Data Analysis (Analisis Data Kualitatif), terj. Tjetjep Rohendi, Cet. I; Jakarta: UI-Press.

Musfah, Jejen. 2012.Peningkatan Kompetensi Guru, Cet. II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rofiah, Rofiah, Nonoh Siti Aminah, Elvin Yusliana Ekawati, “Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP”, FKIP Universitas Sebelas Maret 1, no. 2 (2013): h. 17-22.

Rusydie, Salman. 2011. Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.

Shaleh, Abdul Rahman. 2009. Psikologi, Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Cet. IV. Jakarta: Putra Grafika.

Seknun, M. Yusuf, “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik”, Lentera pendidikan, LPTK dan Konsorius Dosen Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri 15no.1(2012): h.122-135.

Wina, Sanjaya. 2009.Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Ttingkat Satuan Pendidikan ( KTSP), Cet. II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24252/jbiotek.v6i1a7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurhayani Nurhayani, St. Syamsudduha, Ahmad Afiif

Jurnal Biotek is indexed by:


        ________________________________________________________

Jurnal Biotek

Jurusan Pendidikan Biologi (Department of Biology Education)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

ISSN Print: 2354-9106 ISSN Online: 2581-1827

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.biotek@uin-alauddin.ac.id

View Jurnal Biotek Stats