Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for EcceS (Economics, Social, and Development Studies)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Aturan penulisan Jurnal Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar adalah sebagai berikut:

  1. Artikel harus berupa tulisan asli, merupakan hasil penelitian maupun kajian dalam bidang ekonomi terapan dan belum pernah dipublikasikan di media manapun serta bebas dari unsur-unsur plagiarisme.
  2. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan memenuhi kaidah EYD Bahasa Indonesia.
  3. Sistematika penulisan:
  4. Bagian awal: judul, sebisa mungkin tidak mencantumkan nama tempat pada judul, nama penulis (dituliskan lengkap tanpa gelar), penulisan e-mail cukup satu email penulis saja (tidak semua), selaku corresponding author. Pemberian kode di nama author (semisal 1, atau a atau simbol asteriks lainnya) perlu diperhatikan. Apabila para penulis hanya berasal dari satu institusi maka tidak perlu menggunakan kode (kecuali hanya untuk corresponding author). Abstrak yang tidak lebih dari 300 kata dan diketik dengan satu spasi yang berisi latar belakang, tujuan, metodologi, dan hasil penelitian. Penulisan kata kunci maksimal 5 kata, dengan urutan penulisan sesuai dengan abjad / alphabetis.
  5. Bagian pendahuluan, memuat state of the art (kajian review literatur atau penelitian sebelumnya secara singkat, 1-2 paragraf) dengan tujuan untuk menguatkan pernyataan novelty atau signifikansi maupun kontribusi ilmiah atau orisinalitas dari artikel ini. Usahakan memasukkan rujukan artikel dari jurnal 10 tahun terakhir yang memperkuat justifikasi orisinalitas atau kontribusi tersebut.
  6. Bagian tinjauan teoritis dan pustaka, kalimat-kalimat yang terkesan definisi, yang sudah umum tidak perlu dituliskan. Jika memang memerlukan penulisan atau mengaitkan dengan konsep/teori, sebaiknya dituliskan langsung di bagian pembahasan.
  7. metode penelitian,
  8. Pada bagian hasil dan pembahasan, menunjukkan kaitan antara hasil yang diperoleh dengan konsep dasar dan hipotesis awal. Akan lebih baik lagi, jika membahas hingga level aspek-aspek molekular. Pembahasan yang dibuat harus ditunjang fakta yang nyata dan jelas, memuat kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian lainnya.
  9. Bagian kesimpulan, menjawab permasalahan dan tujuan penelitian, atau juga dapat menghasilkan sebuah konsep baru, berdasarkan fakta dan analisis yang ada. Sebaiknya, tidak terkesan membahas lagi di bagian kesimpulan.
  10. Bagian akhir: daftar pustaka, dan lampiran. Keprimeran literatur pustaka rujukan, minimum 50 persen dan maksimum 80 persen, berasal dari literatur primer/jurnal ilmiah bereputasi. Adapun buku-buku yang berisi konsep teori bisa dipakai sebagai acuan, tetapi maksimum hanya 20 persen saja. Jumlah rujukan di daftar pustaka minimal 15 pustaka acuan. Disarankan penulis menggunakan aplikasi reference manager (Mendeley, atau Zotero) dengan format Harvard.
  1. Judul artikel ditulis dengan menggunakan huruf kapital.
  2. Teknik penulisan:
  3. Alinea baru dimulai pada ketikan kelima pada batas tepi kiri. Antar alinea tidak diberi tambahan spasi.
  4. Penggunaan kata asing ditulis dengan menggunakan huruf miring (italic).
  5. Batas pengetikan: tepi kiri tiga cm, tepi kanan dua cm, tepi atas tiga cm, dan tepi bawah dua cm.
  6. Tanda pemisah antar kata/frasa seharusnya titik koma (;), bukan tanda koma (,).
  7. Tabel, gambar, dan ilustrasi lainnya diberikan judul, nomor, dan sumber yang jelas. Cara merujuk tidak boleh menggunakan lokasi (misal: di bawah ini, di atas, berikut ini, dll). Tabel tidak boleh terpotong di halaman lain.
  8. Sumber pustaka ditulis nama-tahun (nama belakang penulis, tahun penerbitan). Nama penulis harus tepat sama dengan yang tercantum dalam daftar pustaka.
    1. Naskah diketik dengan MS Word, spasi 1,5, ukuran font 11, huruf Tahoma, dengan panjang minimum-maksimum 20-25 halaman (A4) termasuk lampiran.
    2. Tulisan harus dikirim paling lambat 1 bulan sebelum penerbitan jurnal ke email jurnal Ecces
    3. Jurnal Ecces terbit 2 kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember.
    4. Email jurnal Ecces: jurnalecces@gmail.com