GAMBARAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA DALAM KAITANNYA DENGAN PEMINATAN PILIHAN DALAM PROSES PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kasmawati .

Abstract


The main problem in this research is how the description of student achievement in the Department of Physics Education in relation to the specialization of choice in the process of admission of new students. From the results of research shows that the picture of Physics Education student achievement that chose the Department of Physics Education as the first choice, is generally categorized as Cum Laude and Very Satisfactory or can be said good. Picture of student achievement of Physics Education Education who did not choose Education Department as first choice, from research data also good or in category Cum Laude and Very Satisfactory.

References


Ahmadi, Abu da Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Alwi, Marjan. Mengapa Anak Malas Belajar Solusi Belajar Efektif dan Menyenangkan. Makassar: Alauddin university Press, 2012.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Arikunto, S. Menejemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Djaali.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Djamarah, Syaiful Bahri, Azwan Zain, Trategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Depertemen Agama R.I. Al- Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: Darus Sunnah, 2010.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almansyur, Metodologi Penelitian Kulitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Ghufron, Nur dan Rini Risnawita. Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.

Hanafi, Agustina dan Indrawati Yuliani, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya vol.4, No.7 (2006)

Hasbullah.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Jihad, Asep, Drs, M.Pd dan Abdul Haris, Dr, M.Sc. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatitf, edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mulyani, Nanik, Pengaruh Motivasi berprestasi, kontinutas Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Banat NU Kudus Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Semarang, 2006.

Mulyatiningsih, Endang, Dr. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Narbuko, Cholid, Drs. dan Abu Achmadi. Metodologi penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012.

Pujadi, Arko. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia”, Business & Management Journal Bunda Mulya Vol. 3, No. 2 (2007)

Sahabuddin, Mengajar dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM, 2007.

Salam, Burhanuddin. Cara Belajar Yang Sukses di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004.

Saleh, Abdul Rahman. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam.Jakarta: Predana Media, 2004.

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali, 1988

Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Cet IV. Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995.

Sujanto, Agus. Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Baru, 1983.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.2013

Suryabrata, Sumardi. Psikologi Pendidikan. Jakarta; CV. Rajawali, 1989.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Wahid, Abdul. Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak. Yogyakarta: Pustaka Belajar: 1998.

Winkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1983.

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo,1996.

http://belajarpsikologi.com/pengertian-prestasi-belajar/ (07 April 2016)

http://tentangkomputerkita.blogspot.co.id/2010/04/pengertian-prestasi.html (07 April 2016)

http://www.robbyyuliendra.com/2012/12/karakteristik-mahasiswa.html(07 April 2016)

http://eprints.uny.ac.id/8614/2/bab%202%20-10604227379.pdf (07 April 2016)




DOI: https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan



Idaarah : Jurnal Manajemen Pendidikan is indexed by

 

Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan
ISSN Print: 2597-4661 ISSN Online: 2621-9476

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.idaarah@uin-alauddin.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Idaarah Stats