Pengoptimalisasian Keterampilan Literasi Informasi Ilmiah Guru Pendidikan Agama Islam

Dian Hasfera, Lailatur Rahmi, Fadhila Nurul Husna Zalmi, Resty Jayanti Fakhlina

Abstract


Literasi informasi dalam setiap aspek pengetahuan dan pembelajaran sangat penting untuk terus dikembangkan, khususnya untuk pembelajaran agama Islam. Gerakan literasi informasi perlu ditanamkan dalam setiap jenjang pendidikan sejak dini di bangku sekolah, tujuannya untuk mendidik siswa agar ‘melek’ terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pengetahuan agama Islam. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggambarkan bagaimana model keterampilan literasi guru Pendidikan Agama Islam di Kota Padang. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara langsung dengan komunitas Majlis Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) tingkat SMA se kota padang yang beranggotakan 50 orang dan 3 pengawas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru PAI tingkat SMA perlu mengoptimalkan keterampilan literasi informasi agar dapat menyebarkan pengetahuan agama dari berbagai sumber informasi yang akurat dan terbebas dari “hoax information”. Selain itu, terdapat empat model keterampilan literasi informasi guru dalam penelusuran informasi ilmiah yaitu skill mengidentifikasi fakta atau hoax, skill literasi informasi dalam pembelajaran, skill teknik penulisan ilmiah, dan skil temu balik informasi.

ABSTRACT

Information literacy in every aspect of knowledge and learning is very important to continue to be developed, particularly for Islamic religious learning. Information literacy needs to be instilled in every level of education in school, the aim is to educate students to be 'literate' towards the development of science, especially Islamic religious knowledge. This descriptive qualitative research illustrates how the model of information literacy skills of Islamic religious education teachers in Padang City. The research data were obtained through questionnaires and direct interviews with the Majlis Community Teachers of Islamic Religious Education Subjects (MGMP-PAI) at the high school level in Padang city with total of 50 members and 3 supervisors. The study indicated that Islamic religious education teachers in high school level need to optimize their information literacy skills so that they can spread religious knowledge from various sources of information that are accurate and free from "hoax". In addition, there are four models of information literacy skills in searching for scientific information, namely the skill of identifying facts or hoaxes, information literacy skills in learning, scientific writing technical skills, and information retrieval skills.


Keywords


Literasi informasi; model penelusuran informasi; kualitas guru

Full Text:

PDF

References


AMERTA Social Consulting & Resourcing. “SURVEY BISNIS INDONESIA: SDM INDONESIA TIDAK KOMPETITIF.” Blog, 2015. http://www.amerta.id/2015/02/17/1068/survey-bisnis-indonesia-sdmindonesia-tidak-kompetitif.php.

Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Arifianto. (2013). Balitbang Kominfo. Retrieved from https://balitbangsdm.kominfo.go.id/publikasi-indikator-tik-9.html

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Boyer, E. L. (1997). New Technologies and the Public Interest. Princeton, N.J: Carnegie Foundation for the.

Bruce, C. Seven Faces of Information Literacy Today’s themes, 2003.

Catts, R. &. (2008). Toward Information Literacy Indicator. Paris.

G. Sax. Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation. Belmont California: Wads Worth Pub. Co., 1980.

Hancock, V. (2004). Information Literacy for Lifelong Learning. Retrieved from http://www.ericdigests.org/lifelong.html

Kulthau, C. C. (2004). Seeking Meaning : A Process Approach to Library and Information Services. Westport: Libraries Unlimited.

Lau, J. (2006). Guidelines on Information Literacy for Lifelong Learning. Mexico: IFLA. Retrieved from http://www.ifla.org/files/assets/information-literacy/publications /iflaguidelines-en.pdf

Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo.

Mukhsin. (2012). Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Musfah, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rindyasari. (2008). Literasi Informasi Guru: Studi Kasus SMA Perguruan Islam Al Izhar Pondok Labu. Depok: Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Salmubi.

Romdhoni, A. (2013). Al-Qur'an dan Literasi (Sejarah Membangun Ilmu-ilmu Keislaman). Depok: Literatur Nusantara.

Sax, G. (1980). Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation. Belmont California: Wads Worth Pub.Co.

Subali, B. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Proses Dan Produk). Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sulistyo-Basuki. (2013). Literasi Informasi Dan Literasi Digital. Retrieved from https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital

Sya’rawi. (2006). Tafsir Sya’rawi Jilid 3 Juz V dan Juz VI An-Nisa 24 s/d Al Maidah 81. Medan: Duta Azhar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is indexed by:

            

Creative Commons License web
stats View Stats
________________________________________________________
Office Address:

Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is published by Jurusan Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

E-mailkhizanahalhikmah@uin-alauddin.ac.id
Contact Person: +6281277777543

ISSN Print: 2354-9629 ISSN Online: 2549-1334