Hubungan Kualitas Layanan Perpustakaan dengan Citra BAPUSPIDA Provinsi Jawa Barat

Asep Gunawan, Encang Saepudin, Yunus Winoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan kualitas layanan perpustakaan dengan citra perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis survei eksplanatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan Bapusipda yang aktif memanfaatkan perpustakaan pada bulan April tahun 2016 yaitu sebanyak 664 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas layanan perpustakaan dengan citra perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat, dengan koefisien korelasi (0.721), artinya hubungan kualitas layanan perpustakaan dengan citra perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat pada taraf yang kuat.

ABSTRACT

The aim of the research is to know the correlation between the service quality and the image Bapusipda Library West Java Province. This research uses a quantitative approach with survey explanative analysis. Data collection techniques used in this research are questionnaire, interview, observation, and literature study. The population in this research are 664 active members of Bapusipda who use the library in April 2016, while the sample in this research as many as 87 people. The sampling technique used in this research is simple random sampling technique. The results of this research indicate that there is a significant positive correlation between the quality of library services and the image of the Bapusipda library West Java Province, with correlation coefficients (0721), it means that the correlation between the service quality and the image Bapusipda Library West Java Province is on a strong level.



Keywords


Kualitas Layanan Perpustakaan; Citra Perpustakaan; Perpustakaan Umum

References


Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (1997). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Bavakutty, M. dan K. C. Abdul Majeed. (2005). Methos For Measuring Quality of Libraries. New Delhi: Ess Ess Publications

Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo

Hamidi. (2007). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: Umm Press

Kaplan, R. M. (2012). Pengukuran Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Lasa H.S.. (2005). Manajemen Perpustakaan. Yogyakarta: Gama Media

Morrisan, M.A. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana

Nasution, M.N. (2004). Manajemen jasa Terpadu (Total Service Management). Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurhadi, M. A. (2003). Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia. Yogyakarta: Andi

Rahayuningsih, F. (2007). Pengelolaan perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Shadily, H. (1980). Ensiklopedi Indonesia. Jakarta: Ichtiar

Siegel, S. (1986). Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT. Gramedia

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda

Sulistyo-Basuki, (2010), Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sutarno N.S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Sumber lain:

https://www.libqual.org/ diakses 26 April 2016

http://kbbi.web.id/ diakses 26 April 2016

http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2012/09/14/203421/perpustakaan- jabar-kekurangan-38-juta-judul-buku diakses 26 April 2016

Komariah, Neneng dkk.. 2009. Survey Deskriptif Tentang Persepsi Pengguna Terhadap Layanan Gelar Buku Baca Santai. Laporan penelitian Universitas Padjajaran Tersedia pada http://repository.unpad.ac.id/6257/1/persepsi_pengguna_thdp_layanan_gelar_buku_bacaan_santai.pdf Diakses 26 April 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is indexed by:

            

Creative Commons License web
stats View Stats
________________________________________________________
Office Address:

Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is published by Jurusan Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

E-mailkhizanahalhikmah@uin-alauddin.ac.id
Contact Person: +6281277777543

ISSN Print: 2354-9629 ISSN Online: 2549-1334