Persepsi Mahasiswa Perpustakaan UIN Alauddin Makassar Tentang Ilmu Perpustakaan dan Profesi Pustakawan

Irsan Irsan

Abstract


Ilmu Perpustakaan merupakan pendidikan yang bertujuan untuk melahirkan pustakawan yang profesional. Persepsi mahasiswa perpustakaan terhadap ilmu perpustakaan sebagai disiplin ilmu menunjukkan bahwa adanya ketertarikan untuk belajar di jurusan ini, sebagai dsiplin ilmu yang multidispliner sehingga banyak mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lainnya. Meskipun bagi mahasiswa semester junior yakni 1 dan 3 belum menunjukkan persepsi yang menarik baginya dari ilmu perpustakaan sebagai disiplin ilmu, sebab memang pada semester tersebut mata kuliah jurusan masih sedikit yang didapatkan.Untuk mahasiswa senior (semester 5 dan7) dan mahasiswa transfer dapat dikatakan bahwa persepsi awal tentang ilmu perpustakaan yang sebelumnya sama dengan pada saat mahasiswa junior, secara perlahan-lahan berubah dan menunjukkan persepsi akan ketertarikannya belajar Ilmu Perpustakaan dan semakin percaya diri terhadap jurusannya.

Selanjutnya untuk persepsi mahasiswa ilmu perpustakaan terhadap pustakawan sebagai profesi menunjukkan adanya kepercayaan bahwa masa depan profesi pustakawan sangat urgen dalam era teknologi informasi dan kelimpahan informasi, apalagi peluang untuk menjadi pustakawan sangat terbuka karena masih banyak perpustakaan yang belum dikelola oleh tenaga yang ahli dibidangnya yakni pustakawan. Selain itu pada dasarnya profesi pustakawan sama  dengan profesi lainnya. Dalam persepsi mereka pula, Mahasiswa perpustakaan sangat mengharapkan adanya perhatian yang lebih oleh pemerintah, penyelenggara pendidikan perpustakaan, institusi perpustakaan, asosiasi profesi, dosen dan alumni untuk melakukan upaya peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek yang selama ini menjadi kelemahan sehingga kedepannya ilmu perpustakaan dan profesi pustakawan semakin maju dan bermartabat.


Keywords


Mahasiswa; Ilmu Perpustakaan; Kepustakawanan

References


Basuki, Sulistyo, 1991. Pengantar Ilmu Pepustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Editya, Elma Muncar, 2011. Persepsi Mahasiswa Senior dan Junior Pada Kampus “X” Mengenai Profesi Akuntan.

Lasa HS, 2007. Profesi Pustakawan : Tangtangan dan Harapan, Pidato Pengukuhan Pustakawan Utama. Yogyakarta : UGM

______, 2000. Leksikon Kepustakawanan Indonesia (unpublished)

Pendit, Putu Laxman. 2003. Penelitian Perpustakaan dan Informasi. Jakarta : JIP FS UI

Shafaruddin, Rudi. Persepsi Mahasiswa Terhadap UPT. Perpustakaan Universitas Tanjungpura. Pontianak : FISIP Universitas TanjungPura

Young, K. 1956. Social Psychology. New York: McGraw-Hill Publiser

Walgito, Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Wirawan. 1993. Profesi Kepustakawanan: Suatu Analisa. Makalah disampaikan pada Rapat Kerja Pusat IPI di Mataram NTB, tanggal 21-23 Juli.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is indexed by:

            

Creative Commons License web
stats View Stats
________________________________________________________
Office Address:

Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan is published by Jurusan Ilmu Perpustakaan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

E-mailkhizanahalhikmah@uin-alauddin.ac.id
Contact Person: +6281277777543

ISSN Print: 2354-9629 ISSN Online: 2549-1334