Boikot Produk Unilever: Adakah Dampaknya Terhadap Return Saham PT Unilever Indonesia?
Abstrak
Kampanye boikot yang terus gencar dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, yang dilakukan bagai rupa pembelaan terhadap Rakyat Palestina dan respon terhadap Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 yang menyebabkan turunnya harga saham dan return saham perusahaan yang di boikot. Artikel ini bertujuan mengkaji impak kampanye boikot produk Unilever terhadap return saham PT Unilever Indonesia sebelum dan setelah dikeluarkannya Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 pada 8 November 2023 sebagai tanggal peristiwa t-0. Kuantitatif komparatif digunakan dengan jenis data time series sampling dengan metode probability sampling, sampel sistematik. Sampel yang digunakan adalah closing price saham periode mingguan sebelum dan sesudah peristiwa t-0 dengan jendela waktu pengamatan peristiwa t-30 hingga t+30, t-20 hingga t+20, t-10 hingga t+10. Analisis data dilakukan dengan uji statistik, berupa uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji wilcoxon signed rank test. Hasil mengindikasikan bahwa tidak ada disparitas esensial pada periode yang dianalisis. Artinya, tidak ada pengaruh kampanye boikot terhadap return saham sebelum dan sesudah dikeluarkannya Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023. Hal ini mencerminkan kekuatan brand loyalty, stabilitas industri Fast Moving Consumer Goods, dan persepsi pasar yang tidak terpengaruh oleh sinyal negatif dari boikot.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anisah, S. (2015). Pengaturan dan Penegakan HukumPemboikotan dalam Antitrust Law Amerika Serikat. Jurnal Media Hukum, 22(2). https://doi.org/10.18196/jmh.2015.0054.173-189
Ardhani, N. D. (2023). Analisis Dampak Boikot Pro Israel Terhadap Perekonomian di Indonesia. Jurnal Oportunitas Unirow Tuban, 04(02), 13–16.
CNN. (2023). Saham Unilever Tertekan di Tengah Aksi Boikot Produk Pro-Israel. Dipetik 22 September 2024, dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20231115150344-92-1024622/saham-unilever-tertekan-di-tengah-aksi-boikot-produk-pro-israel
Fahmi. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Hanafi, M., & Halim, A. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Hayati, N., Wardhana, M. A., & Mustaqim, Y. (2024). Dinamika Kinerja Keuangan PT Unilever Indonesia Tbk Pasca-Boikot dari Perspektif Islam. Value Added : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/vameb.v20i2.15884
idx.co.id. (2024). PT Bursa Efek Indonesia. Dipetik 22 September 2024, dari https://www.idx.co.id
Jaelani, A., & Nursyifa, Y. (2024). Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel. Karimah Tauhid, 3(2), 2312–2327.
Jogiyanto, H. (2017). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogayakarta: Rajawali Pers.
Kusuma, E., Barus, I., & Pranawukir, I. (2024). The Strategy of Unilever's Corporate Social Responsibility 6.0 in Building Corporate Personal Branding. Moestopo International Review on Social, Humanities, and Sciences, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.32509/mirshus.v4i1.68
Lubis, T. A. (2016). Manajemen Investasi dan Perilaku Keuangan. Jambi: Salim Media Indoensia.
Majid, S. F. A., Khairuddin, W. M. K. F. W., & Jima’ain, M. T. A. (2019). Fiqh Boycott on LGBT Community: A Review. International Journal of Academic Research, 6(2), 35–49. https://perdanajournal.com/
Miharti, I. (2023). Membangun Brand Equity Bagi Organisasi Bisnis. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(3), 936–944. https://doi.org/ 10.37479/jimb.v5i3.17955
MUI. (2024). MUI: Boikot Produk Pro Israel untuk Lemahkan Perekonomian Negara Zionis. Dipetik 22 September, dari https://mui.or.id/baca/berita/mui-boikot-produk-pro-israel-untuk-lemahkan-perekonomian-negara-zionis
Mujiani, S., Soraya, E., & Yuliawati, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Abnormal Return Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Indonesia (JABISI), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.55122/jabisi.v1i1.31
Munadiyan, A. El. (2024). Pengaruh Gerakan Boikot Terhadap Asosiasi Merek Yang Mendukung Israel Dan Loyalitas Konsumen: Studi Kasus Perusahaan di Indonesia. Economic and Business Management International Journal, 6(2), 120–125. https://doi.org/https://doi.org/10.556442/eabmij.v6i2.724
Nasution, M. S. (2023). Return Saham pada Industri Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Pujiastuti, A. (2023). Mengungkap Dampak Boikot terhadap Nilai Pasar Perusahaan. Jural Ekonomika45, 11(1).
Ridho, M. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volatilitas Harga Saham pada Perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam, 3(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jrei.v3i02.1043
Ross, S. A. (1977). The Determination of Financial Structure: The Incentive-Signalling Approach. The Bell Journal of Economics, 8(1), 23–40. https://doi.org/10.2307/3003485
Sari, L. K., Achsani, N. A., & Sartono, B. (2017). Pemodelan Volatilitas Return Saham: Studi Kasus Pasar Saham Asia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 18(1), 35–52. https://doi.org/10.21002/jepi.v18i1.717
Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374. https://doi.org/10.2307/1882010
Suganda, T. R. (2018). Event Study Teori dan Pembahasan Reaksi Pasar Modal Indonesia. Malang: CV. Seribu Bintang.
Trisnawati, R. (2024). Boikot Dan Aktivisme: Perilaku Konsumen Dalam Isu Konflik Israel-Palestina. Journal of Economics Business Ethic and Science of History, 2(3), 20–25. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/jb/index
Yang, C., Gong, X., & Zhang, H. (2019). Volatility forecasting of crude oil futures: The role of investor sentiment and leverage effect. Resources Policy, 61, 548–563. https://doi.org/10.1016/j.resourpol.2018.05.012
Yunus, A. M., Abd Wahid, N., & Hassan, W. S. W. (2018). Hukum Boikot Barangan Isarel Berdasarkan Kepada Fiqh Al-Jihad. Journal of Fatwa Management and Research, 4(1), 135–160. https://doi.org/10.33102/JFATWA.vol.4no.1.98
Yunus, A. M., Chik, W. M. Y. W., Wahid, N. A., Daud, K. A., & Hamid, M. N. A. (2020). The Concept of Boycott: A General Introduction. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(9). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v10-i9/7889