PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA SISWA

  • Nining Karmila
    (ID)
  • Santih Anggereni

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran minat belajar fisika siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Quipper School, mengetahui gambaran minat belajar fisika siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Quipper School, dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap minat belajar fisika siswa. Minat belajar yang dimaksud pada penelitian ini adalah Perhatian terhadap proses pembelajaran, Kesadaran dalam belajar, Kemauan untuk mengulang materi pelajaran, Kesediaan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, Kemauan siswa untuk belajar tanpa paksaan, Kesenangan siswa dalam mengikuti pelajaran, Kepercayaan siswa terhadap hasil penilaian dari proses pembelajaran, Pemberian nilai merupakan ransangan bagi siswa, Keyakinan dan tanggung jawab siswa terhadap penilaian guru. Quipper School yang dimaksud dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis E-Learning yang digunakan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Instrument yang digunakan adalah angket minat belajar fisika. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis instrumen yang berkaitan dengan menggunakan analisis validasi dan reliabilitas diperoleh tingkat kevalidan dan reliabilitas dengan nilai 0,69 dan 0,93 dapat dikatakan valid dan reliabel. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, Hamid. Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, 2013.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan

Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.

Jakarta: rajawali Press, 2013.

Khairani, Makmum. Psikologi Belajar. Cet. II; Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Siregar, Sofyan. Statitistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2012.

Tim Pengembang Quipper School. (2014).

QuipperSchool.http://indonesia.quipperschool.com/pada 25 Mei 2016 jam 20.30

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.Jakarta:

Woolfolk, Anita. Educational Phsychology Active Learning Edition. Arlington Street, Boston: Pearson Education Inc, 2008.

Rizki dkk. 2015. Keefektifan Penerapan E-Learning Quipper School pada

Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. UNS Volume 01 Nomor 01 Tahun 2015 diakses 18 April 2017.

Trisnaningsih, Sari. 2016. Pengembangan

Learning Management System Quipper

School Pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 5 Nomor 6 Tahun 2016 diakses 18 April 2017.

Published
2017-09-01
How to Cite
Karmila, N., & Anggereni, S. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA SISWA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 120-127. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3561
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 1069 times