Pengaruh Tata Ruang Kelas dan Media Visual terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao

Penulis

  • Erni R Manara
  • Andi Halimah

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3732

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh tata ruang kelas dan media visual terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Pao-pao sebanyak 49 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 49 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk penataan ruang kelas dan media visual dan angket untuk minat belajar fisika. Data tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata tata ruang kelas adalah 62 termasuk dalam kategori cukup dan skor rata-rata penggunaan media visual adalah 56 termasuk dalam kategori cukup,serta skor rata-rata minat belajar fisika adalah 61 termasuk dalam kategori tinggi. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 585,9 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,20. Dengan demikian, nilai Fhitung lebih besar dari pada nilai Ftabel dan hipotesis nol ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tata ruang kelas dan media visual teradap minat belajar fisika peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2015-09-01

Cara Mengutip

Manara, E. R., & Halimah, A. (2015). Pengaruh Tata Ruang Kelas dan Media Visual terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(2), 124–129. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3732

Terbitan

Bagian

Volume 3 Nomor 2, 2015