PENGARUH SIFAT KEMANJAAN DAN TIDAK PERCAYA DIRI TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

  • Tri Mawaningsi Universitas Islam negeri Makassar
  • Andi Halimah UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara sifat kemanjaan dan tidak percaya diri terhadap perilaku sosial peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Adapun pengambilan sampel secara representative dimana peneliti mengambil 25% dari populasi yang ada yaitu 130 peserta didik dari 520 peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa dan peneliti menggunakan teknik Proporsional Random Sampling yaitu pengambilan dengan proporsi tiap kelas sehingga diperoleh 10 orang tiap kelas yang masing-masing akan diambil secara acak. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata 62,94 dengan katagori bahwa sifat kemanjaan peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa termasuk kategori cukup. Tidak percaya diri peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa diperoleh nilai rata-rata 65,28 dan termasuk kategori tinggi. Serta untuk perilaku sosial peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa diperoleh nilai rata-rata  85,00 dan termasuk kategori tinggi. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 2204,35 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,07. Dengan demikian, Fhitung>Ftabel hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara sifat kemanjaan dan tidak percaya diri terhadap perilaku sosial peserta didik Kelas VII dalam Mata Pelajaran Fisika SMP Negeri 4 Sungguminasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Reni Hawadi. 2001. Psikologi perkembangan anak: mengenal sifat, bakat dan kemampuan anak. Cetakan II. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ali, Mohammad dan Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan peserta Didik. Cetakan VIII. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT. Refika Aditama.

Gunawan, Wahyu Madya. 2005. Kiat Jitu Melawan Rasa Takut. Yogyakarta: Cemerlang Publishing.

Mallajaren, Fajar. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran. (http://seputarkampusorange.blogspot.com/2013 /04/html, diakses 24 November 2013).

Musyarofah, Anis. 2006. Upaya Guru Taman Kanak-Kanak dalam Mengatasi Kemanjaan Anak. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Putry, Revina. 2012. Ciri-ciri Anak yang Memiliki Sifat Kenak-kanakan. (http://Refina finarere.blogspot.com/2012/12/html, diakses 12 November 2013).

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Cetakan XXV. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 1982. Pengantar Umum Psikologi. Cetakan II. Jakarta: N.V. Bulan Bintang.

Setiawan, Rozi. 2009. Masalah dalam Belajar dan Penanggulannya. (http://occiie23. wordpress.com/2012/07/05/html, diakses 24 November 2013).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Edisi Revisi Cetakan XVII. Bandung: Alfabeta.

_______. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan XX. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Cetakan I. Jakarta: EGC.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2014-09-01
How to Cite
Mawaningsi, T., & Halimah, A. (2014). PENGARUH SIFAT KEMANJAAN DAN TIDAK PERCAYA DIRI TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN FISIKA SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2(2), 39-43. https://doi.org/10.24252/jpf.v2i2.5467
Section
Articles
Abstract viewed = 162 times