EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Andi Jusriana UIN Alaauddin Makassar
  • Astianinsi Sawedi UIN Alaauddin Makassar
  • Hading Hading UIN Alaauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.5343

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kemampuan menganalisis antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran langsung pada kelas X MAN 2 Bulukumba. Pemilihan sampel melalui teknik pemadanan sampel (matching). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menganalisis  dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif diperoleh hasil tes kemampuan menganalisis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dikategorikan dalam kategori baik, sedangkan hasil tes kemampuan menganalisis peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran langsung dikategorikan dalam kategori cukup. Selanjutnya, statistik inferensial menyatakan bahwa thitung>ttabel  sehingga terdapat perbedaan tingkat kemampuan menganalisis antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran langsung pada kelas X MAN 2 Bulukumba.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andi Jusriana, UIN Alaauddin Makassar

UIN Alaauddin Makassar

Astianinsi Sawedi, UIN Alaauddin Makassar

UIN Alaauddin Makassar

Hading Hading, UIN Alaauddin Makassar

UIN Alaauddin Makassar

References

Ali Mahmudi. Pembelajaran Problem Posing untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: UNPAD, 2008.
Astra, I. M.,Umiatin & M. Jannah. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap Hasil Belajar Fisika dan Karakter Siswa SMA”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012): h. 135-143.
Brown, S. & Walter, R. Problem Posing: Reflections and Aplications. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publishers, 1993.
Kuswana, Wowo Sunaryo. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Shoimin, Aris. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Silver, E.A & Cai, S. An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students, Juournal for Research in Mathematics Education, 1996.
Silver, E.A. On mathematical problem posing. For the Learning of Mathematicas. FLM Publishing Association, Vancouver, British Columbia, Canada, 1994.
Suryanto. Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang, 1998.
Thobroni, Muhammad & Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Published

2019-09-01

How to Cite

Jusriana, A., Sawedi, A., & Hading, H. (2019). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PESERTA DIDIK. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 162–168. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.5343

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)