Examining Nursing Students’ Proficiency and Belief in Nursing Informatics
Persepsi Dan Kompetensi Informatika Keperawatan Pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.24252/asjn.v6i2.60899Keywords:
Informatika Keperawatan, Kompetensi, Mahasiswa Keperawatan, PersepsiAbstract
Pemanfaatan teknologi di berbagai bidang, termasuk pelayanan kesehatan, pendidikan, dan penelitian, merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam era transformasi digital. Mahasiswa keperawatan perlu memiliki kemampuan adaptif terhadap perkembangan teknologi, terutama dalam bidang informatika keperawatan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi dan kompetensi informatika keperawatan pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif cross-sectional dengan 152 responden dari 215 mahasiswa keperawatan. Sampel diambil secara stratified random berdasarkan tahun akademik. Instrumen diadaptasi dari penelitian terdahulu dan telah teruji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji Chi-Square, Kruskal-Wallis dengan post-hoc Dwass-Steel-Critchlow-Fligner, dan One-Way ANOVA. Hasil: Sebanyak 52.6% mahasiswa memiliki kompetensi baik dan 47.4% memiliki kompetensi cukup. Selain itu, 61.8% mahasiswa menunjukkan persepsi positif terhadap informatika keperawatan, sedangkan 38.2% memiliki persepsi negatif. Uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi dan kompetensi informatika keperawatan (p = 0.012). Hasil uji Kruskal-Wallis memperlihatkan bahwa mahasiswa tahun kedua dan ketiga tidak memiliki perbedaan persepsi (p = 0.332), sedangkan mahasiswa tahun kedua dan keempat menunjukkan perbedaan bermakna (p < 0.0001). Uji One-Way ANOVA menunjukkan perbedaan signifikan kompetensi antar jenjang tahun akademik (p = 0.020). Terdapat hubungan antara persepsi dan kompetensi informatika keperawatan pada mahasiswa. Perbedaan persepsi dan kompetensi antar jenjang tahun akademik menegaskan perlunya penguatan kurikulum serta penerapan pembelajaran berbasis teknologi di institusi pendidikan keperawatan untuk meningkatkan kesiapan digital mahasiswa
Downloads
References
Agba, M., Stella, A. O., Oju, E. K., & Mathias, A. A. (2022). Utilization of Health Information Technology in Provision of Maternal and Child Health Care Among Nurses in the University of Calabar Teaching Hospital, Calabar. Global Journal of Pure and Applied Sciences, 28(2), 213–220. https://doi.org/10.4314/gjpas.v28i2.11
Ahmalia, R., Aljaberi, M. A., & Said, M. S. M. (2024). Adoption of Information and Technology Communication in Ulcer Pressure Prevention: A Narrative Review. International Journal of Advancement in Life Sciences Research, 07(01), 15–23. https://doi.org/10.31632/ijalsr.2024.v07i01.002
Ahonen, O., Kotila, J., Melender, H., & Saranto, K. (2023). The Biomedical and Health Informatics Recommendation Domains in Relation to the Nurse Competence Scale Categories. https://doi.org/10.3233/shti230466
Alharoubi, S. A. S., Alasmary, A. M. A., Alkhaledi, W. J. M., Asiri, S., zamil, R. S. jurbua Al, Saleh, Z., & Alwan, G. A. (2024). Comprehensive Review of Nursing Education and Clinical Practice. Journal of Ecohumanism, 3(8). https://doi.org/10.62754/joe.v3i8.5078
Almarwani, A. M. (2024). Evaluation of the nursing informatics competency among nursing students: A systematic review. Nurse Education in Practice, 78, 104007. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2024.104007
Almarwani, A. M., & Yacoub, M. I. (2023). Examining the Effect of an Educational Program on Nursing Students’ Informatics Competencies. Nursing Education Perspectives, 44(6), E59–E61. https://doi.org/10.1097/01.nep.0000000000001106
Arain, S., & Arain, M. A. (2023). Technostress Level in Prospective Teachers at Higher Education Institution. Academy of Education and Social Sciences Review, 3(2), 111–119. https://doi.org/10.48112/aessr.v3i2.468
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saldi Yusuf, Andi adriana Amal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.