Analisis Sentimen Konsumen pada Layanan PT. Jalur Nugraha Ekakurir menggunakan Algoritma Machine Learning

Authors

  • Veronika Podon Universitas Negeri Makassar
  • Syamsu Alam Universitas Negeri Makassar
  • Muh Jamil Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/best.v4i3.51716

Keywords:

Analisis sentimen, Algoritma Machine Learning, PT JNE, Support Vector Machine, Naïve Bayes Classifier

References

Cormen, T. H., Leiselson, C. E., Rivest, R. L., & Stein, C. (2022). Introduction To Algorithms. London: MIT Press.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global Research And Consulting.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku konsumen: (sikap dan pemasaran). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Godfellow, I., Coaruville, A., & Bengio, Y. (2016). Deep Learning. Cambridge: MIT Press.

Harel, D. (2014). Algorithms: the spirit of computing. Britania Raya: Oxford University Press.

Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Indrayuni, E. (2018, etember). Komparasi Algoritma Support Naive Bayes dan Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Review Film. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14, 2.

Jason Quinlan, Y. S. (2020). Supervised Machine Learning Approach to Adaptive Video Streaming over HTTP. Cork Irlandia: University College Cork.

Kautish, S. (2017). Sentiment Analyst. Jamma: Model Institude Of Engineering and Teknologi.

Meilany, A. S. (2022). Analisis Sentimen Opini Masyarakat Pengguna Twitter Terhadap Pariwisata Lampung Meggunakan Support Vector Machine dan Naive Bayes.

Rasal, & Isram, R. N. (2023, Juni). Penerapan Algoritma Naive Bayes danSVM untuk Analisis Sentimrn Boy Band BTS Pada Media Sosial Twitter. Jurnal Teknik dan Science, 2. doi:https://doi.org/10.56127/jts.v2i2.791

Salsabila, N. A. (2022). Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Terhadap Tokoh Gusdur Menggunakan Metode Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM).

Setiadi, K. (2021). Analisis Sentimen Pelanggan Terhadap Layanan Shopee Food Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM).

Yulianto, P. I. (2023). Penelitian Kualitatif Itu Mengasyikkan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zusrony, E. (2016). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang: Yayasan Semarang Teknik.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Podon, V., Alam, S., & Jamil, M. (2025). Analisis Sentimen Konsumen pada Layanan PT. Jalur Nugraha Ekakurir menggunakan Algoritma Machine Learning. Bulletin of Economic Studies (BEST), 4(3), 182–190. https://doi.org/10.24252/best.v4i3.51716

Issue

Section

Artikel