Strategi Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kain Sutera di Sengkang Kabupaten Wajo

Authors

  • Ismiah Mutmainnah Universitas Islam Makassar
  • Helda Ibrahim Universitas Islam Makassar
  • Syamsul Rahman Universitas Islam Makassar
  • Minarni Penyuluh Kehutanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.24252/best.v5i3.62138

Keywords:

Strategi Pengembangan, Ekonomi Kreatif, Kain Sutera , SWOT, Wajo

Abstract

Kain sutera Wajo memiliki potensi ekonomi dan nilai budaya yang tinggi, namun dihadapkan pada berbagai kendala seperti ketergantungan bahan baku impor, keterbatasan promosi digital, serta fluktuasi penjualan akibat persaingan ketat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada usaha Losari Silk melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap pelaku usaha dan pengrajin. Analisis SWOT dilakukan dengan pendekatan matriks IFAS dan EFAS untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keberlanjutan usaha. Hasil penelitian menunjukkan nilai total IFAS sebesar 2,80 dan EFAS sebesar 2,42, dengan posisi usaha berada pada kuadran I (strategi agresif), yang berarti Losari Silk memiliki kekuatan dan peluang besar untuk dikembangkan. Strategi prioritas yang dihasilkan meliputi peningkatan promosi digital berbasis storytelling, kolaborasi dengan desainer nasional, pengembangan wisata edukasi proses tenun sutera, serta penguatan rantai pasok bahan baku lokal melalui kemitraan dengan petani ulat sutera. Implementasi strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan mendukung keberlanjutan ekonomi kreatif berbasis budaya lokal. Dengan demikian, kain sutera Wajo berpotensi menjadi ikon ekonomi kreatif yang tidak hanya bernilai estetika tinggi, tetapi juga berkontribusi terhadap pelestarian warisan budaya daerah.

References

A. Yuniarti, Prayudhi, P., Faisal, F., Nur, A. W., & Aldi, A. (2024). Transformasi Tenun Sutera Melalui Kolaborasi Dengan Perguruan Tinggi Dalam Era Digital. Journal Of Human And Education (Jahe), 4(2), 160–166. Https://Doi.Org/10.31004/Jh.V4i2.739

Aisyah, A., Nia, S., Yulianti, & Indrijawati, A. (2021). Digital Marketing Dan Kesejahteraan Ekonomi Bagi Pattennung Sabbe Desa Pakkanna Kabupaten Wajo. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(1), 18–25. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsh.V6i1.39065

Aulia, D., & Ikhwana, A. (2012). Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kain Tenun Sutra Dengan Pendekatan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 10, 12. Http://Jurnal.Sttgarut.Ac.Id

Baharuddin, S., A, A. S., & Majid, A. (2023). Analisis Keunggulan Bersaing Kain Tenun Sutera Mandar (Studi Kasus Pada Pt. Wastrama Tenun Indonesia Di Kabupaten Polewali Mandar). Poma Jurnal, 1(1), 84–98. Https://Doi.Org/10.47354/Poma.V1i1.577

Firdaus, F. (2021). Eksistensi Tennung Walida (Gedogan) Kain Sutera Di Desa Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 366–372. Https://Doi.Org/10.26618/Equilibrium.V9i3.6059

Fitryani, V., Sucihati, R. N., & Sari, S. P. (2020). Issn (P) : 2089-1210, E-Issn : 2580-7285. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 107–115.

Ghazali, Y. A., & Sholahuddin, M. (2024). The Effect Of Product Quality And Service Quality On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As An Intervening Variable (Case Study On Muslim Fashion Stores In Wonogiri). Indonesian Interdisciplinary Journal Of Sharia Economics (Iijse), 7(3), 5146–5166.

Gina, N. A., & Sabar, W. (2025). Determinasi Pdrb, Upah Minimum Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Pengangguran. Bulletin Of Economic Studies (Best) Volume, 5(1), 71–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Best.V5i1.58570 Determinasi

Hasdiansa, I. W., & Hasbiah, S. (2023). Electronic-Based Marketing Strategies In Building Competitive Advantages In Silk Weaving Small Businesses In Wajo District. Indonesian Journal Of Business And Entrepreneurship Research, 1(2), 100–106. Https://Doi.Org/10.62794/Ijober.V1i2.144

Ibrahim, H., Amanah, S., Gani, D. S., & Purnaningsih, N. (2013). Analisis Keberlanjutan Usaha Pengrajin Ekonomi Kreatif Kerajinan Suteradi Provinsi Sulawesi Selatan. In J Tek Ind Pert (Vol. 23, Issue 3).

Ibrahim, H., Zain, M. M., Sugiarti, A., & Rauf, A. (2017). Profil Wilayah Dan Karakteristik Pengrajin Dalam Pemanfaatan Kerajinan Sutera Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Wajo. 459–479.

Lubis, U. S., Wulandari, N., Wahyudi, I., Widiyanto, A., Wibowo, E. A., Hakim, L., Apriyansyah, B., Hardiati, N., Swastika, A. Y., & Meyzia, B. (2025). Digital Marketing Strategies In Expanding The Market For Msme Creative Products In Indonesia—State Of Art. Frontiers In Communication, 10(October), 1647391. Https://Doi.Org/10.3389/Fcomm.2025.1647391

Meng, L., Yan, F., Fang, Q., & Si, W. (2024). Research On The Educational Tourism Development Of Intangible Cultural Heritage: Suitability, Spatial Pattern, And Obstacle Factor. Sustainability (Switzerland) , 16(11), 1–28. Https://Doi.Org/10.3390/Su16114647

Putra, H. S., Harahap, A. Y., & Ibrahim, S. S. (2024). Strategy To Increase Sales Volume Through Marketing Mix In Los Lhokseumawe Market. Journal Of Management And Business Innovations, 06(2), 28–38. Https://Creativecommons.Org/Licenses/By/4.0/.%0a28

Rachmaniar, R., & Anisa, R. (2025). Local Based Educational Tourism Development Strategy Management In East Java. Brilliant International Journal Of Management And Tourism, 5(2), 142–147. Https://Doi.Org/10.55606/Bijmt.V5i2.4453

Salsabilla, N. F., & Nisa, F. L. (2024). Ekonomi Kreatif Dalam Pasar Global: Tren, Peluang, Dan Ancaman. Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia, 2(4), 234–243.

Sulolipu, A. A., Soetjipto, B. E., Wahyono, H., & Haryono, A. (2022). Silk Weaving Business Sustainability As A Cultural Heritage Of Indonesia: A Case Study In Wajo Regency, South Sulawesi. Industria Textila, 73(02), 184–190. Https://Doi.Org/10.35530/It.073.02.202056

Suprajitno, S., Zaenuri, I., & Muliyadi, M. (2021). Difference In Swot Analysis Factors : A Systematic Review. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal Of Ners And Midwifery), 8(1), 130–137. Https://Doi.Org/10.26699/Jnk.V8i1.Art.P130-137

Susanty, A., Puspitasari, N. B., Siahaan, G. S., Setiawan, S., & Syafrudin, M. (2025). Factors Influencing The Intention Of Textile And Garment Smes To Adopt Digital Technologies And Its Impact On Performance. Scientific Reports, 15(1), 1–24. Https://Doi.Org/10.1038/S41598-025-94625-7

Tenriawaru, A. N., Fudjaja, L., Jamil, M. H., Rukka, R. M., Anisa, A., & Halil. (2021). Natural Silk Agroindustry In Wajo Regency. Iop Conference Series: Earth And Environmental Science, 807(3). Https://Doi.Org/10.1088/1755-1315/807/3/032057

Ulfa, S., Br Sinulingga, T. E., & Sinulingga, J. (2023). Kain Tenun Tradisional: Warisan Budaya Dan Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29709–29715. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/11780

Zahrosa, D. B., Setiyono, S., Slameto, S., Prihatin, J., Maharani, A. D., & Amam, A. (2023). Natural Silk Development Strategy In East Java Province. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 33(3), 403–412. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jiip.2023.033.03.10

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Mutmainnah, I., Ibrahim, H., Rahman, S., & Minarni. (2025). Strategi Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif Kain Sutera di Sengkang Kabupaten Wajo. Bulletin of Economic Studies (BEST), 5(3), 144–163. https://doi.org/10.24252/best.v5i3.62138

Issue

Section

Artikel