Pengembangan Modul IPA Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Siswa SMP/MTs

Penulis

  • Ni Putu Diah Loriana Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Prima Juniartina Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Mitha Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.24252/jb.v12i2.51588

Kata Kunci:

flashcard, hasil belajar, model kooperatif

Abstrak

Bahan ajar berupa modul digunakan siswa dalam pembelajaran belum sepenuhnya dikaitkan dengan Profil Pelajar Pancasila sebagaimana tuntutan kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian yaitu, mengembangakan modul IPA berorientasi Profil Pelajar Pancasila untuk SMP yang valid, praktis dan terbaca, berfokus pada topik ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia. Model penelitian pengembangan yang dipilih, yakni 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), karena keterbatasan waktu dibatasi sampai tahap develop. Subjek uji validitas konten, media dan bahasa dilakukan masing-masing oleh 2 validator ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha, serta subjek uji kepraktisan dan keterbacaan terdiri dari 3 orang guru IPA dan 15 peserta didik kelas VII SMPN 1 Sukasada. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, observasi dan angket. Karakteristik modul IPA, yaitu (1) Bentuk modul IPA berupa buku paket dengan format pdf dan cetak. (2) Aktivitas modul menggunakan model Discovery Learning (3) Sintaks model Discovery Learning dalam modul memuat dimensi Profil Pelajar Pancasila. Hasil dari penelitian ini, berupa uji validitas dengan perhitungan menggunakan formula Gregory yang memperoleh skor 1,00 dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan dan keterbacaan secara berturut memperoleh skor 94% dan 93% tergolong kategori sangat praktis dan sangat terbaca. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan modul IPA berorientasi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat terbaca sehingga, layak dilanjutkan ke tahap uji keefektifan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ni Putu Diah Loriana Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Ni Putu Diah Loriana Dewi lahir di Gianyar pada tanggal 2 November 2001. Pada tahun 2020, penulis lulus dari SMA Negeri 8 Denpasar dan melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha dengan mengambil Program Studi S1 Pendidikan IPA. Selanjutnya, mulai tahun 2020 sampai dengan penulisan skripsi ini penulis masih terdaftar aktif sebagai mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan IPA di Universitas Pendidikan Ganesha. Pada bulan April tahun 2024, penulis menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “Pengembangan Modul IPA Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIIâ€

Referensi

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538
Anderson, L. W. , dan K. D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Belajar.
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Depdiknas. (2008). Pedoman Penulisan Modul. Direktorat Tenaga Kependidikan dan Dirjen PMPTK Depdiknas. .
Dewi, I. S., Sunarno, W., & Dwiastuti, S. (2019). Pengembangan Modul IPA Berbasis Saintifik Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 186. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37757
Hamansah, & Hading. (2016). Pengaruh Penerapan Modul Stiles Biologi Sel Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Angkatan 2015 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Aluddin Makassar. Jurnal Biotek, 4(1), 150–167.
Handiyati, T., & Qomariyah, S. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik di MI Cimahi Peuntas Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4 (1), 86–105. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.297
Hardanie, B. D., Nabuy, V., Maryana, O. F., Sutia, C., & Lestari, S. H. (2021). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Hidayah, Y., Suyitno, S., & Ali, Y. F. (2021). A Study on Interactive–Based Learning Media to Strengthen the Profile of Pancasila Student in Elementary School. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 283–291. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5591
Kemendikbudristek. (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022. Sekretariat Negara.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., & Tajeri. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Kosasih, D. E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT. Bumi Aksara.
Lansan, D. I., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2024). Deskripsi Strategi Guru Menanamkan Profil Pelajar Pancasila SDN 17 Pontianak Kota. ISLAMIKA, 6(4), 1900–1918. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i4.5394
Maghribi, A. N., & Sidik, A. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Bahan Ajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Guna Mendukung Education for Sustainable Development. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 55–68. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.1526
Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 195. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15700
Pujiningtyas, M. R., Minarti, I. B., & Sa’diyah, S. (2023). Implementasi Discovery Learning pada Materi Ekosistem dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 21. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2636
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.
Retnowati, E., & Nugraheni, N. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran di Kelas. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16151
Riswakhyuningsih, T. (2022). Pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII SMP. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.55686/ristek.v7i1.123
Saputro, Eveline, E., & Nurul Apsari. (2023). Modul IPA Berbasis Etnosains pada Kurikulum Merdeka untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 797–804. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1177
Suliyanah, S., Khasanah, U., Alifia, D., Agustinaningrum, N. A., Sabrina, N. M. N., & Deta, U. A. (2023). The Teacher’s Role as an Applicator of “Profil Pelajar Pancasila” in “Merdeka Belajar” Curriculum. International Journal of Research and Community Empowerment, 1(1), 29–32. https://doi.org/10.58706/ijorce.v1n1.p29-32
Thiagarajan, D. S. (1974). For Training Teacher of Exceptional Children Instructional Development. Indiana University.
Wulandari, E. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Pembelajaran Biologi Sel STKIP YPM Bangko. Jurnal Biotek, 11(1), 60–72.
Yunarti, N. (2021). Analisa Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1745–1749. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1570

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-27

Cara Mengutip

Dewi, N. P. D. L., Juniartina, P. P., & Priyanka, L. M. (2024). Pengembangan Modul IPA Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Biotek, 12(2), 67–81. https://doi.org/10.24252/jb.v12i2.51588

Terbitan

Bagian

Artikel