Augmented Reality as A Learning Media Based on Scientific Literacy
DOI:
https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.56869Kata Kunci:
augmented reality, literasi sains, media pembelajaranAbstrak
Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi didalam dunia pendidikan, yang kini mengarah pada penggunaan teknologi untuk memperkaya proses pembelajaran. Salah satu inovasi teknologi yang berpotensi besar didalam pendidikan adalah Augmented Reality (AR). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Augmented Reality sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains siswa, khususnya didalam memahami konsep-konsep sains yang kompleks. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui bagaimana AR dapat meningkatkan minat, motivasi, serta keterlibatan siswa didalam proses belajar. Metode: temuan ini mempergunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yang dilakukan dengan mengidentifikasi, menyeleksi, serta menganalisis berbagai studi terdahulu mengenai penerapan AR didalam pembelajaran sains. Data diperoleh dari berbagai database akademik seperti Google Scholar, ScienceDirect, serta JSTOR. Kriteria inklusi serta eksklusi yang jelas digunakan untuk memilih temuan yang relevan serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman efektivitas AR didalam pendidikan sains. Hasil: Hasil dari analisis literatur menunjukkan bahwa penggunaan AR didalam pembelajaran sains dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep abstrak serta memperkaya pengalaman belajar mereka. AR memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik serta interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa. Selain itu, AR juga mendukung berbagai gaya belajar, seperti visual, kinestetik, serta auditori, sehingga membantu siswa memahami materi sains secara lebih mendalam serta kontekstual. Meskipun begitu, beberapa tantangan terkait infrastruktur, kesiapan guru, serta biaya masih menjadi hambatan didalam implementasi AR di sekolah-sekolah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Depi Damayanti, Rr Eko Susetyarini, Poncojari Wahyono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.