Augmented Reality as A Learning Media Based on Scientific Literacy

Penulis

  • Depi Damayanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rr Eko Susetyarini Universitas Muhammadiyah Malang
  • Poncojari Wahyono Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.56869

Kata Kunci:

augmented reality, literasi sains, media pembelajaran

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi didalam dunia pendidikan, yang kini mengarah pada penggunaan teknologi untuk memperkaya proses pembelajaran. Salah satu inovasi teknologi yang berpotensi besar didalam pendidikan adalah Augmented Reality (AR). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Augmented Reality sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains siswa, khususnya didalam memahami konsep-konsep sains yang kompleks. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui bagaimana AR dapat meningkatkan minat, motivasi, serta keterlibatan siswa didalam proses belajar. Metode: temuan ini mempergunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yang dilakukan dengan mengidentifikasi, menyeleksi, serta menganalisis berbagai studi terdahulu mengenai penerapan AR didalam pembelajaran sains. Data diperoleh dari berbagai database akademik seperti Google Scholar, ScienceDirect, serta JSTOR. Kriteria inklusi serta eksklusi yang jelas digunakan untuk memilih temuan yang relevan serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman efektivitas AR didalam pendidikan sains. Hasil: Hasil dari analisis literatur menunjukkan bahwa penggunaan AR didalam pembelajaran sains dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep abstrak serta memperkaya pengalaman belajar mereka. AR memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik serta interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa. Selain itu, AR juga mendukung berbagai gaya belajar, seperti visual, kinestetik, serta auditori, sehingga membantu siswa memahami materi sains secara lebih mendalam serta kontekstual. Meskipun begitu, beberapa tantangan terkait infrastruktur, kesiapan guru, serta biaya masih menjadi hambatan didalam implementasi AR di sekolah-sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Damayanti, D., Susetyarini, R. E., & Wahyono, P. (2025). Augmented Reality as A Learning Media Based on Scientific Literacy. Jurnal Biotek, 13(1), 32–53. https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.56869

Terbitan

Bagian

Artikel