Analisis Kemampuan Kolaborasi Siswa SMP dalam Pembelajaran Ekologi melalui Penggunaan Video Interaktif Berbasis Lumi

Penulis

  • Rasydianah Rasydianah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sabar Nurohman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Insih Wilujeng Universitas Negeri Yogyakarta
  • Laifa Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Winarto Winarto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Firdaus Firdaus Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.57175

Kata Kunci:

ekologi, kolaborasi, lumi, pembelajaran interaktif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kolaborasi siswa SMP/MTs dalam pembelajaran ekologi melalui penggunaan video interaktif berbasis Lumi. Kolaborasi merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran sains. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-shot case study, tanpa kelompok kontrol dan pengukuran awal. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VII MTsN 1 Majene yang dipilih secara convenience sampling. Intervensi dilakukan melalui dua pertemuan pembelajaran menggunakan video interaktif berdurasi 12 menit yang terintegrasi dengan LKPD digital. Data dikumpulkan melalui angket kemampuan kolaborasi dan lembar observasi perilaku kolaboratif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata skor 78,75. Indikator tanggung jawab bersama menunjukkan konsistensi tinggi antara hasil angket dan observasi (selisih 2,82%), sedangkan indikator fleksibilitas menunjukkan kecenderungan overestimated oleh siswa (selisih 5%), dan indikator keberagaman kelompok menunjukkan disparitas antara persepsi diri dan pengamatan aktual (selisih 6,25%). Temuan ini menegaskan bahwa media video interaktif Lumi dapat mendukung pengembangan kemampuan kolaborasi siswa, serta memberikan implikasi terhadap pentingnya pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran. Penelitian ini juga memberikan kontribusi praktis dalam mengintegrasikan literasi digital dan pedagogi kolaboratif untuk memperkuat profil Pelajar Pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andersen, C., Milios, L., Olofsson, J., Nußholz, J., & Aldenius, M. (2016). “Mind the Gap” - Aiming for Relational Learning in Collaborative Group Work - the Issue of Parcelling Tasks. https://consensus.app/papers/mind-the-gap-aiming-for-relational-learning-in-andersen-milios/f0ef380b5d94562698dd7c469a918a89/

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=217760#

Brackett, M. A., Rivers, S. E., & Salovey, P. (2011). Emotional Intelligence: Implications for Personal, Social, Academic, and Workplace Success. Social and Personality Psychology Compass, 5(1), 88–103. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1751-9004.2010.00334.x

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The" What" and" Why" of Goal Pursuits: Human Needs and the self-Determination of Behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01

Deutsch, M. (2011). Cooperation and Competition. Conflict, Interdependence, and Justice: The Intellectual Legacy of Morton Deutsch, 23–40. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-9994-8_2

Direktorat Guru Dikdas. (2025). Naskah Akademik - Pembelajaran Mendalam Pendidikan Bermutu untuk Semua. https://gurudikdas.dikdasmen.go.id/news/naskah-akademik-pembelajaran-mendalam-pendidikan-bermutu-untuk-semua

Dunning, D., Johnson, K., Ehrlinger, J., & Kruger, J. (2003). Why People Fail to Recognize their Own Incompetence. Current Directions in Psychological Science, 12(3), 83–87. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/1467-8721.01235

Elmi, C. (2024). Fostering Students’ Inquiry Aptitudes and Collaborative Reasoning in Higher Education Science Courses with Social Annotation Tools and Collaborative Platforms. School Science and Mathematics. https://doi.org/10.1111/ssm.18316

Forsyth, D. R. (2011). Group dynamics. https://scholarship.richmond.edu/jepson-faculty-publications/157/

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education. https://www.voced.edu.au/content/ngv:2877

Goleman, D. (2005). Emotional Intelligence: Why it can Matter More Than IQ. Bantam.https://switcheducation.com/wp-content/uploads/2017/06/SEB_LYT_GolemanEI.pdf

Hidayat, N., Ruhiat, Y., Anriani, N., & Suryadi, S. (2024). The Impact of Differentiated Learning, Adversity Intelligence, and Peer Tutoring on Student Learning Outcomes. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(3), 537–548. https://doi.org/https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i3.586

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How do Students Learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266. https://doi.org/https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Imran, S., Shaheen, S., Waseem, H., & Ali, A. (2023). Transformation of 21st Century Science Skills: Perceptions of Secondary School Teachers. Summer 2023. https://doi.org/10.55737/qjssh.819252525

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2017). The Use of Cooperative Procedures in Teacher Education and Professional Development. Journal of Education for Teaching, 43(3), 284–295. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/02607476.2017.1328023

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2018). Cooperative learning: The foundation for active learning. Active Learning—Beyond the Future, 59–71. https://web.archive.org/web/20190501130514id_/https://cdn.intechopen.com/pdfs/63639.pdf

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2025). Perwakilan World Bank : Kami Mengapresiasi Madrasah Penerima Bantuan Menyukseskan Proyek Madrasah Reform. https://madrasahreform.kemenag.go.id/read/perwakilan-world-bank---kami-mengapresiasi-madrasah-penerima-bantuan-menyukseskan-proyek-madrasah-reform

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Rasydianah, R., Sabar Nurohman, Wilujeng, I., Rahmawati, L., Winarto, W., & Firdaus, F. (2025). Analisis Kemampuan Kolaborasi Siswa SMP dalam Pembelajaran Ekologi melalui Penggunaan Video Interaktif Berbasis Lumi. Jurnal Biotek, 13(1), 54–67. https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.57175

Terbitan

Bagian

Artikel