Transformasi Kepedulian Mahasiswa Terhadap Hewan Melalui Pengalaman Kuliah Lapangan

Penulis

  • Anandita Eka Setiadi Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Hadi Suwono Universitas Negeri Malang
  • Ibrohim Ibrohim Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.57631

Kata Kunci:

Kepedulian terhadap Hewan, Kuliah Lapangan, Pembelajaran Transformatif

Abstrak

Kuliah lapangan merupakan kegiatan pembelajaran yang memberi pengalaman autentik untuk berinteraksi langsung dengan hewan di lingkungan nyata. Pengalaman tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya perubahan perspektif dan internalisasi nilai baru, termasuk nilai kepedulian terhadap hewan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi kepedulian mahasiswa terhadap hewan yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan kuliah lapangan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang telah mengikuti kegiatan kuliah lapangan pada mata kuliah Taksonomi Hewan, Ekologi, dan Herpetologi. Data dikumpulkan melalui kuisioner terbuka dan dianalisis dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan, kegiatan kuliah lapangan memiliki dampak signifikan terhadap perubahan persepsi, sikap, dan perilaku mahasiswa dalam konteks pelestarian hewan. Proses pembelajaran kontekstual melalui interaksi langsung dengan alam dan masyarakat telah mendorong mahasiswa untuk melakukan refleksi mendalam, menilai kembali asumsi lama, dan mengalami transformasi personal. Mahasiswa tidak hanya memperoleh pemahaman ilmiah yang lebih konkret tentang spesies endemik dan kondisi ekologis, tetapi juga mengalami penguatan nilai-nilai empati, tanggung jawab, dan keterlibatan aktif dalam isu lingkungan. Temuan ini sejalan dengan teori pembelajaran transformatif, di mana tahapan self-examination, critical reflection, hingga intentional action terbukti tercapai dalam proses kuliah lapangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Anandita Eka Setiadi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Pendidikan Biologi

FKIP

Universitas Muhammadiyah Pontianak

Hadi Suwono, Universitas Negeri Malang

FMIPA

Universitas Negeri Malang

Ibrohim Ibrohim, Universitas Negeri Malang

FMIPA

Universitas Negeri Malang

Referensi

Adebimpe, O. A., Ademakinwa, G., & Mohammed, S. M. (2024). Remediating Students’ Misconceptions in Biology: A Review. Custech International Journal of Education, 1(2), 122–134.

Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Implementation of Field Studies To Improve Problem Analysis Ability (Case Study in The Student Sociology IISIP YAPIS BIAK). Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13644

Al-Anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. TA’DIB, 19(02), 227.

Almeida, S. (2023). Citizen Science for Environmental and Sustainability Education: Connections, Opportunities, and Future Possibilities in India. Proceedings of the 2023 AERA Annual Meeting, Query date: 2024-10-05 08:49:30. https://doi.org/10.3102/2018423

Anggraini, N., & Nazip, K. (2022). Kemampuan Literasi Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi Menggunakan Skor Nela. Journal of Education Action Research, 6(4), 552–557. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.46975

Araújo, J. L., Morais, C., & Paiva, J. C. (2023). Students’ Attitudes towards the Environment and Marine Litter in the Context of a Coastal Water Quality Educational Citizen Science Project. Australian Journal of Environmental Education, 39(4), 522–535. https://doi.org/10.1017/aee.2023.14

Ardoin, N. M., Bowers, A. W., & Gaillard, E. (2020). Environmental Education Outcomes for Conservation: A Systematic Review. Biological Conservation, 241, 108224. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2019.108224

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Chowdhury, S., Aich, U., Rokonuzzaman, M., Alam, S., Das, P., Siddika, A., Ahmed, S., Labi, M. M., Marco, M. D., Fuller, R. A., & Callaghan, C. T. (2023). Increasing Biodiversity Knowledge Through Social Media: A Case Study from Tropical Bangladesh. BioScience, 73(6), 453–459. https://doi.org/10.1093/biosci/biad042

Coracero, E. E., Facun, M. C. T., Gallego, R. J., Lingon, M. G., Kristina M., Lugayan, M. M., Montesines, K. B. G., Sangalang, L. R., & Suniega, M. J. A. (2022). Knowledge and Perspective of Students towards Biodiversity and its Conservation and Protection. Asian Journal of University Education, 18(1), 118. https://doi.org/10.24191/ajue.v18i1.17178

Cunsolo, A., & Ellis, N. R. (2018). Ecological Grief as a Mental Health Response to Climate Change-Related Loss. Nature Climate Change, 8(4), 275–281. https://doi.org/10.1038/s41558-018-0092-2

Falaq, Y., Putri, N. A., Sholeh, Muh., & Utomo, C. B. (2022). Teori Pembelajaran Transformatif pada Pendidikan IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 90–97. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.61711

Flaming, T. (2018). Mezirow and the Theory of Transformative Learning. IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-6086-9.ch009

Ibrahim, Y., Surtikanti, H. K., & Riandi. (2018). Kuliah Lapangan Terpadu Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi. Biosfer : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.23969/biosfer.v2i2.854

Kementerian PPN/ Bappenas, KLHK, KKP, Kemenpan, & BRIN. (2024). Strategi dan Rencana Aksi Keanekaragaman Hayati Indonesia, Indonesian Biodiversity Strategy and Action Plan IBASP 2025-2045. Pemerintah Republik Indonesia, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/ Bappenas).

Kerans, G. (2022). The Effectiveness of Application of Field Study Method Innovation with Real Time Report Assisted with Mind Mapping on Ecosystem Materials on Student Learning Outcomes of Prospective Science Teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 566–572. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1257

Kolb, David. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall. http://www.learningfromexperience.com/images/uploads/process-of-experiential-learning.pdf! (date of download: 31.05.2006

Mezirow, J. (1997). Transformative Learning: Theory to Practice. In New Directions for Adult and Continuing Education (Vol. 1, pp. 5–12). https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/ace.7401

Mezirow, J. (2009). Transformative Learning Theory. In Transformative Learning in Practice: Insights From Community, Workplace, and Higher Education (1st ed., pp. 18–32). Jossey-Bass.

Müller, M. M., Kals, E., & Pansa, R. (2009). Adolescents’ Emotional Affinity toward Nature: A Cross-Societal Study. The Journal of Developmental Processes, 4(1), 59–69.

Musa, M., Thoyibah, A. A., Puspitaningtyas, D. A., Arsad, S., Mahmudi, M., Lusiana, E. D., Maftuch, M., & Huda, A. S. (2022). The Impact of Water Quality on the Availability of Phytoplankton and Growth of Litopenaeus Vannamei. Journal of Water and Land Development, 127–135. https://doi.org/10.24425/jwld.2023.143753

Njoku, M. I. A., & Mgbomo, T. (2021). Effect of Field Trip and Demonstration Methods on the Achievement of Secondary School Students in Biology. Rivers State University Journal of Education (RSUJOE), 24(2), 55–64.

Pennisi, L., Lackey, N. Q., & Holland, S. M. (2017). Can an Immersion Exhibit Inspire Connection to Nature and Environmentally Responsible Behavior? Journal of Interpretation Research, 22(2), 35–49. https://doi.org/10.1177/109258721702200204

Prasetyo, D., & Sugardjito, J. (2010). Status Populasi Satwa Primata di Taman Nasional Gunung Palung dan Daerah Penyangga, Kalimantan Barat. Jurnal Primatologi Indonesia, 7(2), 60–68.

Pratama, V. R., Hardiansyah, G., & Widhanarto, G. O. (2024). Persebaran Titik Api dan Pengetahuan Masyarakat terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari, 12(1), 226–238.

Pravitasari, A. G., & Nugraheni, N. (2024). Transformasi Pendidikan Menuju Konservasi Berkelanjutan: Membangun Kesadaran Lingkungan dan Kepedulian Generasi Mendatang. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(96–11). https://doi.org/10.5281/ZENODO.10928962

Segun, A. G., & Olanrewaju, M. K. (2024). Effect of Fieldtrip Strategy on Academic Achievement of Senior Secondary School Biology Students in Ekiti Local Government Area of Kwara State, Nigeria. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 733–745.

Wahyuni, H., & Suranto, S. (2021). Dampak Deforestasi Hutan Skala Besar terhadap Pemanasan Global di Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 148–162. https://doi.org/10.14710/jiip.v6i1.10083

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Setiadi, A. E., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2025). Transformasi Kepedulian Mahasiswa Terhadap Hewan Melalui Pengalaman Kuliah Lapangan. Jurnal Biotek, 13(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/jb.v13i1.57631

Terbitan

Bagian

Artikel