THE RELATIONSHIP BETWEEN ACADEMIC RESILIENCE AND LEARNING SATISFACTION STUDENT’S OF THE FACULTY OF PSYCHOLOGY, STATE UNIVERSITY OF MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Hilal Fauzan Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Razak Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/idaarah.v9i1.57037

Keywords:

Academic Resilience, College Students, Learning Satisfaction

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran yang dilakukan secara blended memberikan dampak pada kepuasan belajar mahasiswa. Pembelajaran blended menyebabkan mahasiswa menghadapi berbagai hambatan selama proses kuliah, sehingga mereka membutuhkan kemampuan resiliensi akademik yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi akademik dan kepuasan belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah 319 mahasiswa aktif yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui skala kepuasan belajar dan The Academic Resilience Scale (ARS-30). Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji korelasi Spearman Rho dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tingkat kepuasan belajar dalam kategori tinggi (57,37%) dan tingkat resiliensi akademik dalam kategori sedang (80,88%). Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara resiliensi akademik dengan kepuasan belajar, dengan nilai koefisien korelasi sebesar r=0,247 dan signifikansi p=0,000 (p<0,05). Artinya, semakin tinggi resiliensi akademik yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi pula kepuasan belajarnya. Temuan ini memberikan gambaran mengenai pentingnya resiliensi akademik dalam menghadapi tantangan akademik guna meningkatkan kepuasan belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyeni, N., & Rahayuningsih, T. (2020). Konstruksi Alat Ukur Resiliensi Akademik untuk Kepuasan Belajar Online Mahasiswa pada Masa Pandemi covid-19. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2, 135–146. http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v2i0.13078

Afriyeni, N., Rahayuningsih, T., & Erwin, E. (2021). Resiliensi Akademik dengan Kepuasan Belajar Online pada Mahasiswa. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 5(1), 74–80. https://doi.org/10.36341/psi.v5i1.1550

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi (2 ed.). Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers In Psychology, 7. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, F. (2022). The Impact of Academic Resilience on Academic Performance in College Students During the Covid-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 25–41. https://doi.org/10.18502/kss.v7i1.10198

Fitri, H., & Putra, R. B. (2019). The Impact of Learning Culture on Readiness to Online Learning Through Learning Satisfaction As Intervening Variable in the Industrial Era 4.0. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(3), 309–316. https://doi.org/10.31846/jae.v7i3.248

Hariroh, F. M. R., & Soleha, E. (2022). Analisis Mediasi Kepuasan Mahasiswa pada Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Hasil Belajar. Master: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(2), 201–214. https://doi.org/10.37366/master.v2i2.295

Hasnah, S. I. (2022). Hubungan antara Resiliensi Akademik dengan Learning Satisfaction pada Pembelajaran Daring Mahasiswa Pekanbaru di Masa Pandemi Covid-19 (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jew, C. L., Green, K. E., & Kroger, J. (1999). Development and Validation of A Measure of Resiliency. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 32(2), 75–89. https://doi.org/10.1080/07481756.1999.12068973

Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi Akademik dan Kepuasan Belajar Daring di Masa Pandemi COVID-19: Peran Mediasi Kesiapan Belajar Daring. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139

Martin, A. (2002). Motivation and Academic Resilience: Developing A Model of Student Enhancement. Australian Journal of Education, 46(1), 34–49. https://doi.org/10.1177/000494410204600104.0

Meneghel, I., Martínez, I. M., Salanova, M., & De Witte, H. (2019). Promoting Academic Satisfaction and Performance: Building Academic Resilience Through Coping Strategies. Psychology in the Schools, 56(6), 875–890. https://doi.org/10.1002/pits.22253

Murtiningrum, D., & Pedhu, Y. (2021). Resiliensi Akademik Siswa/Siswi Kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Santo Andreas Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(2), 166–181. https://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/psikoedukasi/article/view/3439/1587

Nuraini, P., & Tawil Ramli, M. (2022). Solution Focus Brief Counseling Strategi Meningkatkan Resiliensi Mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 122–129. https://doi.org/journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Oliver, R. L. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions. Journal of Marketing Research, 17(4), 460. https://doi.org/10.2307/3150499

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Hasil Belajar saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286

Prasetyo, F. (2019). Pentingnya Model Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep di IPS. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 818–822. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/117/114

Rojas F., L. F. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students: A Case Study. GiST Education and Learning Research Journal, 11(11), 63–78. https://doi.org/10.26817/16925777.286

Rudd, G., Meissel, K., & Meyer, F. (2021). Measuring Academic Resilience in Quantitative Research: A Systematic Review of the Literature. Educational Research Review, 34. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100402

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sagone, E., & Caroli, M. E. D. (2013). Relationships Between Resilience, Self-Efficacy, and Thinking Styles in Italian Middle Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92, 838–845. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.763

Sari, J., & Suhariadi, F. (2019). Kontrak Psikologis terhadap Commitment to Change: Resiliensi Akademik sebagai Variabel Mediasi. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 178–192. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2535

Setyaningsih, Y., Khusaini, K., & Widiarti, A. (2022). Analisis Kepuasan Mahasiswa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Journal of Business Education and Social, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.33592/jbes.v3i1.3384

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Susetyo, D. P., Pranajaya, E., Setiawan, T., & Suryana, A. (2022). Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Institusi sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4), 473–492. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i4.1250

Todorova, K. (2016). Student Satisfaction As an Indicator of Higher Education Quality At the University of Shumen. Journal Scientific and Applied Research, 10(1), 47–54. https://doi.org/10.46687/jsar.v10i1.205

Topala, I., & Tomozii, S. (2014). Learning Satisfaction: Validity and Reliability Testing for Students’ Learning Satisfaction Questionnaire (SLSQ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 128, 380–386. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.175

Utami, A. R., & Widiati, E. (2021). Resiliensi Akademik Mahasiswa terhadap Kepuasan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Improvement, 8(2), 47–54. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/improvement

Wijana, I. K., & Rusiawati, R. T. H. D. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan. Mimbar Ilmu, 26(2), 268–273. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.34538

Published

2025-06-30

How to Cite

Fauzan, M. H., & Razak, A. (2025). THE RELATIONSHIP BETWEEN ACADEMIC RESILIENCE AND LEARNING SATISFACTION STUDENT’S OF THE FACULTY OF PSYCHOLOGY, STATE UNIVERSITY OF MAKASSAR. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.24252/idaarah.v9i1.57037

Issue

Section

Article