MANAJEMEN PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB PADA PEMINATAN KEAGAMAAN MAN 2 KOTA MALANG

Penulis

  • M. Rozy Zamroni Universitas Negeri Malang
  • A'yunin Aditya Fajrin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Tabassum Aliyatuz Zahroh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nur Kholid UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i1.34390

Kata Kunci:

Perencanaan, Pelaksanaan, Intensif Bahasa Arab

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan dan pelaksanaan dari program intensif bahasa Arab pada peminatan keagamaan sebagai rintisan MAN-PK MAN 2 Kota Malang serta untuk menganalisis faktor pendukung dan hambatan yang ditemukan dalam proses berjalannya program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data didapat melalui observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini antara lain; (1) manajemen perencanaan program dilaksanakan dengan baik sesuai dengan Tujuan adanya program; (2) Guru pengampu menggunakan strategi yang sesuai dengan perencanaan dan tujuan dalam melaksanakan program; (3) Mayoritas siswa memiliki orientasi dan motivasi yang sama menjadi salah satu pendukung berhasilnya program walaupun beberapa siswa memiliki orientasi untuk pindah peminatan menjadi salah satu hambatan dalam program.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, G., & Prasetyo, B. B. (2022). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Akademik Almadinah. Taqdir, 8(1), 19–33. https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i1.9150
Akilah, F. (2017). Manajemen Perencanaan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan : Manifestasi dan Implementasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 81-93. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.156
Alifatuzzahro. (2022). Manajemen Program Unggulan Pondok Pesantren Al-Madani Cikalong, Majalengka, Jawa Barat: Leading Program Management Al-Madani Islamic Boarding School Cikalong. Khazanah Intelektual, 6(1), 1368–1378. https://doi.org/10.37250/newkiki.v6i1.150
Amin, I., Latif, A., Shiddiq, J., Syakir Hidayat, A. F., & Mahdi, R. (2022). Student Perception of the Development of Arabic Learning Model ‎in Intensive Learning Program at IAIN Padangsidimpuan ‎Language Development Center. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 69–86. https://doi.org/10.32699/liar.v6i1.2613
Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 515–523. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197
Maimun, M. Y., Mahdiyah, A., Nursafitri, D., & Malang, U. M. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding School. Japendi: Jurnal Pendidikan 2(7),1208–1218. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/234
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.
Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 01–09. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i1.141
Mubin, F. (2020). Perencanaan dan Manajemen Pendidikan. Osf.io, 2(4), 1–17. https://osf.io/p5t2y/download
Muhammad, D. (2022). Implementasi Fungsi Actuating (Penggerakan/ Pelaksanaan) dalam Manajemen Program Bahasa Arab di MI Manarul Islam Malang. MAHIRA: Journal of Arabic Studies, 2(1), 13–32. http://jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/mahira/article/view/194
Nufus, H., Erlina, Koderi, Ramadhan, M. U. C., & Nopiyanti (2022). Development of Tarkib Teaching Materials Based on Motion Graphic in Islamic Junior High School Tatwir al-Mawad al-Tarkibiyyah ‘ala Asas al-Rasum al-Mutakharrikah bi al-Madrasah al-Mutawassitah al-Islamiyyah. Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 40-57. https://doi.org/10.24042/albayan.v14i1.7145
Rohani, A. (2022). Manajemen Pengembangan Program Unggulan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 126–141. https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i2.1119
Sholeh, M., Farid, M., & Wijaya, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Lenguange Intensif Program (LIP) SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 19(2), 554-565. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/4402
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-15

Cara Mengutip

Zamroni, M. R., Fajrin, A. A., Zahroh, T. A., & Kholid, N. (2023). MANAJEMEN PROGRAM INTENSIF BAHASA ARAB PADA PEMINATAN KEAGAMAAN MAN 2 KOTA MALANG. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 190–199. https://doi.org/10.24252/idaarah.v7i1.34390

Terbitan

Bagian

Artikel