PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DI MAN 2 BULUKUMBA

  • Nursinta Nursinta UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Munirul Abidin UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Dukungan Orang Tua, Prestasi Akademik Siswa

Abstrak

Prestasi akademik siswa adalah indikator utama dari keberhasilan pendidikan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor yang sangat penting adalah peran kepemimpinan kepala madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, serta dukungan orang tua yang meliputi aspek emosional, material, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa besar kontribusi kepemimpinan kepala madrasah dan dukungan orang tua terhadap peningkatan prestasi akademik siswa di MAN 2 Bulukumba, dengan menilai hubungan serta pengaruh keduanya terhadap capaian belajar siswa. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain non eksperimen, penelitian ini melibatkan 103 siswa yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tiga variabel utama: kepemimpinan kepala madrasah, dukungan orang tua, dan prestasi akademik siswa. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda untuk menguji pengaruh simultan dan parsial dari variabel kepemimpinan kepala madrasah dan dukungan orang tua terhadap prestasi akademik siswa, dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kepemimpinan kepala madrasah (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 dan nilai t sebesar 2,263. Dukungan orang tua (X2) juga memberikan pengaruh positif dan signifikan, dengan nilai signifikansi 0,010 (p < 0,05) dan nilai t sebesar 2,618. Secara keseluruhan, kedua variabel ini secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa, dengan nilai F sebesar 10,235 (p = 0,001). Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara kepemimpinan kepala madrasah dan dukungan orang tua memiliki dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adisunarno, C. A., Riskiana, A., & Ecy Tiara Kaesa. (2024). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FIKOMM UMBY Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial ( JKOMDIS ). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 04(01), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1439

Afifudin, &, & Yoto. (2023). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(2), 273–279. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i2.13146

Al Faqih, Muhammad Jundi, D. (2022). Dukungan Orang Tua saat Pembelajaran Daring pada Siswa MIN 6 Sukoharjo. Keilmuan dan Keislaman, 19, 249–267. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jkk.v1i4.30

Endah, L. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 19(5), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.178

Hardiyanti, W. (2020). Pengaruh Kepeimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Pestasi Akademik Siswa SD di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecaatan Minjen Kota Semarang.

Hatta, B. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Profesionalisme Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Nurul Huda Kota Bengkulu. An-Nizom, 2(2), 247–255. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/nz.v2i2.1800

Irwan, I., Nuryani, N., & Masruddin, M. (2023). Kolaborasi Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 131–154. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i1.3556

Jasrilapidar. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Belajar Siswa MIN 3 Kota Sawahlunto - Jasrilapidar.

Jeynes. (2017). Parent Involvement and Student Academic Success: A Meta-Analysis. Educational Research Review.

Kuncoro, A., Niar, F., & Amin, M. (2022). Dukungan Orang Tua dalam Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 228–234.

Mardiyah. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Dukungan Orang Tua terhadap Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 123–137.

Rahmah, A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTs Swasta Kecamatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teori dan Praktik.

Wahyuni, S., Wardoyo, D. T. W., Widodo, B. S., Khamidi, A., Karwanto, K., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Dukungan Wali Murid, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar. Journal of Education Research, 5(2), 2379–2385. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1115

Yohanah. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa sekolah dasar negeri. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(7), 766–785.

Zahroh. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepal Madrasah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu 1 Kalijarn.

Zahroh, Rokhmawanto, S., & Fauziah, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 48–67. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.573

Diterbitkan
2024-12-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 43 times