Kebiasaan Membaca dan Kebutuhan Bacaan Pemustaka Anak-anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (Survei di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung)

  • Yunus Winoto Universitas Padjadjaran
    (ID)
  • Asep Saeful Rohman Universitas Padjadjaran
    (ID)
  • Rendy Andika PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Kota Pekanbaru, Riau
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan membaca dan kebutuhan bahan bacaan pada pemustaka anak-anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung.  Lokasi penelitian dilakukan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemustaka anak-anak yang pada perpustakaan daerah Kabupaten Bandung dengan teknik sampling menggunakan sampel secara kebetulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis statistika deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1). Kebiasaan membaca pemustaka anak-anak di perpustakaan umum daerah Kabupaten Bandung sudah cukup baik, hal ini terlihat dengan rata-rata waktu untuk membaca antara 30- 60 menit dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membaca setiap halaman buku membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. 2). Pemanfaatan bahan bacaan oleh pemustaka anak-anak di perpustakaan daerah Kabupaten Bandung mengalami peningkatan hal ini terlihat dari frekuensi kunjungan para siswa serta banyaknya buku yang dibaca di tempat maupun yang dipinjam untuk dibaca di rumah. 3). Kebutuhan bahan bacaan pada pemustaka anak-anak meliputi diantaranya buku-buku tentang dongeng/petualangan, buku fiksi ilmiah serta bahan bacaan komik.

ABSTRACT

This study aims to determine the habit of reading and reading materials on the needs of children in pemustaka Regional Library Bandung. The research location is in the Library of Bandung District. The method used in this research is descriptive survey. The population in this study were pemustaka children at local libraries Bandung regency sampling technique using a sample by chance. Data collection techniques in research conducted through questionnaires, interviews, observation and literature study. As for the technique of data analysis used descriptive statistical analysis. Based on the results of this research is that 1). Pemustaka reading habits of children in the local public library Bandung regency is good enough it is visible to the average time to read between 30 to 60 minutes with the length of time it takes to read each page takes about 5-10 minutes. 2).Pemustaka reading material utilization by children at local libraries Bandung regency has increased as seen in the frequency of visits of students and the number of books read somewhere or borrowed to read at home. 3). The need of reading materials in pemustaka children includes among others books about fairy tale /adventure, science fiction books and reading comics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzim, M. Fauzil. (2000). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung : Mizan.

Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Baderi, Athaillah. 2005. Wacana Ke Arah Pembentukan Sebuah Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca. Pidato Pengukuhan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI.

Badudu – Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Evans, G. Edward. 1999. Developing Library And Information Center Collections. 4th Edition. Englewood : Libraries Unlimited.

------------------------. 2000. Information Nedds Assesment. New York : Libraries Unlimited.

Fa. Wiranto (editor). 2008. Perpustakaan dalam dinamika pendidikan dan masyarakat. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.

Jiyono. 1994. Hasil –Hasil Penelitian mengenai Minat dan Kebiasaan Baca. Jakarta : Perpusnas RI

Mudjito.1994. Upaya Pembinaan Minat Baca melalui Perpustakaan. Jakarta : Perpusnas RI.

Mustafa, Badollahi. 1996. Promosi Jasa Perpustakaan. Jakarta : Depdikbud

M. Singarimbun, Sofian Effendi. 1997. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.

Nasir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalalludin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosdakarya.

Sedyowati, Edi.1994. Promosi Gemar Membaca. Jakarta : Menneg Koordinator. Bidang Politik dan Keamanan RI.

Shahab, Ali. 2003. Apresiasi Masyarakat Terhadap Perpustakaan. Jakarta : Centra Focus.

Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES.

Soekarman . 1994. Membaca Untuk Semua Orang . Jakarta : Perpusnas RI.

Suherman. 2009. Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah : Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bandung : MQS Publishing.

Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sutarno. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto.

----------. (2004). Manajemen Perpustakaan. Jakarta : Sagung Seto.

Published
2017-06-21
How to Cite
Winoto, Y., Rohman, A. S., & Andika, R. (2017). Kebiasaan Membaca dan Kebutuhan Bacaan Pemustaka Anak-anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (Survei di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 59-66. https://doi.org/10.24252/kah.v5i1a5
Section
Articles
Abstract viewed = 1089 times