THE EFFECT OF ICE BREAKING ON MOTIVATING GRADE IV STUDENTS TO LEARN SCIENCE

  • Mulyadi Mulyadi Universitas Islam Makassar
    (ID)
  • Erwin Nurdiansyah Universitas Islam Makassar
    (ID)
  • Sidrah Afriani Rachman University Ohio, USA
    (ID)
  • Sadaruddin Sadaruddin Universitas Islam Makassar
    (ID)
Keywords: Ice Breaking, Learning Motivation, Science Learning

Abstract

Abstract:

The purpose of this study was to investigate the effect of using one of ice breaking strategies in science learning contexts on students' motivation. This study employed a quantitative approach. The participants involved were 26 students from Class IV A of SD Negeri Daya 1 Makassar City using purposive sampling. Data were collected through observation and questionnaire sheets consisting 30 statements to find students’ motivation levels. Descriptive and inferential statistics were utilized for data analysis. The result indicated that most students’ learning motivation was categorized as good (53.85%) and very good (38.46%) categories after applying yel-yel, one of ice breaking strategies. Therefore, the implementation of ice breaking strategy had a positive impact on enhancing students' motivation to learn science subjects.

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan salah satu strategi ice breaking dalam konteks pembelajaran IPA terhadap motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Partisipan yang terlibat adalah 26 siswa Kelas IV A dari SD Negeri Daya 1 Kota Makassar dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan angket yang terdiri dari 30 pernyataan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar motivasi belajar siswa berada pada kategori baik (53,85%) dan sangat baik (38,46%) setelah diterapkannya strategi yel-yel yang merupakan salah satu strategi ice breaking. Oleh karena itu, penerapan strategi icebreaking memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ghifarah, N., & Pusparini, R. (2023). Students’ Perception Towards the Role of Ice Breaking Activities in Learning English at Senior High School. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 6(2), 118–128. https://doi.org/10.47080/jeltl.v6i2.2793.

Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i2.4145.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian (V). Jakarta: Rineka Cipta.

Arimbawa, I. K., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10727.

Arini, N. K. A. D., Murda, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24472.

Aziz, M. S. (2021). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VB SDN 1 Tawangmangu Semester Genap Tahun 2020/2021. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 305–313. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.8415.

Biasi, V., De Vincenzo, C., & Patrizi, N. (2018). Cognitive Strategies, Motivation to Learning, Levels of Wellbeing and Risk of Drop-out: An Empirical Longitudinal Study for Qualifying Ongoing University Guidance Services. Journal of Educational and Social Research, 8, 79–91. https://doi.org/10.2478/jesr-2018-0019.

Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779.

Djalia, S. L. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2764.

Elvianasti, M., Lufri, L., Andromeda, A., Mufit, F., Pramudiani, P., & Safahi, L. (2022). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPA: Studi Metaanalisis. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 73–84. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3582.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.

Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253.

Hariyadi, E., Azzajjad, M. F., & Ahmar, D. S. (2022). The Effect of Ice Breaking And Video Making Activities in Non-Classical Learning Models on Literacy Ability of Students. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 4(2), 183–192. https://doi.org/10.35877/454RI.asci1069.

Helentina. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X IPA SMA Negeri 4 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017. https://www.semanticscholar.org/paper/ANALISIS-KESULITAN-BELAJAR-SISWA-PADA-MATA-BIOLOGI-Helentina/0b29072fabb2fa68e53a7e314ebca5e97b9cd802.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223.

Indriyati, A., Indriayu, M., & Dyah Prastiti, T. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Wuryantoro. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 9(1), 38–44. https://doi.org/10.30653/003.202391.6.

Isnaini, B. B. S. (2019). Penerapan Ice breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di X IIS 3 SMAN 1 Pundong. E-Societas, 8(5), Article 5. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/societas/article/view/15727.

Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942.

Kasni, I. W., & Dewi, K. E. A. (2022). Ice Breaking to Help the Children in Suwung Village in Starting the Process of Self-Establishment. Linguistic Community Services Journal, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.55637/licosjournal.3.1.4786.23-29.

Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264.

Kusumadewi, A. A. A. D., Ramdani, A., & Ula, A. B. (2022). Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Gerung Dengan Menggunakan Model Jelajah Alam Melalui Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1603.

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271.

Laili, I. (2017). Identifikasi Ragam Kesulitan Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kasus Pada Materi Sistem Saraf untuk Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2016/2017). https://www.semanticscholar.org/paper/IDENTIFIKASI-RAGAM-KESULITAN-BELAJAR-DAN-FAKTOR-XI-Laili/6056ab5b510dc629385831e57359597b5b0a138f.

Lestari, Y. W., Dwijo, A. Q. N. E. S., Widyaningrum, S., & Musyarofah, A. (2021). The Implementation of Ice Breaking in Improving the Spirit of Learning Children of Group B in Dharma Wanita Persatuan Lambangan Kindergarten, Wonoayu. Child Education Journal, 3(3), 182–192. https://doi.org/10.33086/cej.v3i3.2486.

Mahdalena, M. (2022). Pengaruh Minat Belajar, Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. KINDAI, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803.

Marjito, E. R., & Nurhalipah, N. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2017/2018. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1), 35. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.855.

Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32505/3013.

Najama, N., Setyosari, P., & Munzil, M. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Attention Relevance Confidence Satisfication (ARCS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(10), Article 10. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14111.

Nuryana, N., & Sunardin, S. (2020). Pengaruh Strategi Ice Breaking Giving Terhadap Motivasi Belajar Siswa: Studi Eksperimen pada Pembelajaran Tematik Kelas II Se-gugus I Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.374.

Rahmayanti, P., Saraswati, P. A., & Bhuana, G. P. (2019). The Use of Ice Breaker to Improve Students Motivation in Learning English at The Tenth Grade Students of SMK YPKKP. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(5), Article 5. https://doi.org/10.22460/project.v2i5.p594-600.

Reliani, R., Ugi, L. E., & Anwar, A. (2022). Hubungan antara Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 4 Wameo. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 89–93. https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.862.

Salam, P. P. K., & Apriyansyah, C. (2022). Pengaruh Kegiatan Ice Breaking terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 74–83. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10678.

Salim, D. P., & Asepta, U. Y. (2019). Pentingnya Need for Achievement, Need for Power dan Need for Affiliation Individu pada Suatu Organisasi. Jurnal Manajemen STEI, 2(02), 137-144. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/ManajemenSTEI/article/view/927.

Sumartono, S., & Mardiana, N. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Model Pembelajaran Eliciting Activities (Studi Kasus SMP Dharma Wanita Taman, Sidoarjo). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(8), 1535–1542. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.202.

Suniyati, S., I Dermawan, H., & Sumantri, I. (2022). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Ice Breaking di Kelas IV SDN Puspasari – Jasinga. Primer Edukasi Journal, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.95.

Thohirudin, M., Herawati, H., & Lisnawati, S. (2019). Hubungan Regulasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Akademik Siswa. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 159-168. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/499.

Utami, D. D., Halim, A., Yusrizal, Y., Elisa, E., & Herliana, F. (2022). Dampak Edmodo berbantuan Laboratorium Virtual terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2987–2994. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2207.

Yahya, A., Vernando, C. L., & Herna, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tobadak. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.47650/elips.v3i1.390.

Yushan, M., Yunus, S. R., & Ramlawati, R. (2022). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Kelas VIII SMP Telkom. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 17. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.22242.

Zuhariyah, Z., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II di SD Negeri Pusakajaya Utara I Kabupaten Karawang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 7 Nomor 1 Juni 2022. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5222.

Published
2023-11-11
How to Cite
Mulyadi, M., Nurdiansyah, E., Rachman, S. A., & Sadaruddin, S. (2023). THE EFFECT OF ICE BREAKING ON MOTIVATING GRADE IV STUDENTS TO LEARN SCIENCE . Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(2), 256-269. https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n2i3
Abstract viewed = 172 times