RESPONSI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN PENDIDIKAN: STUDI RESPONSIVE ENVIRONMENT PADA PESANTREN MADANI ALAUDDIN, PAOPAO-MAKASSAR

  • Mukhlishah Sam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Samiang Katu UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ibrahim Rahmani UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Kawasan Pendidikan merupakan salah satu tulang punggung dalam dunia Pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. Dalam perkembangannya Kawasan Pendidikan mengalami transformasi yang sangat pesat mengikuti dengan kemajuan zaman. Namun di dalam kondisi perkembangan yang terus berjalan tidak diiringi dengan pengembangan nilai-nilai ke Islaman, khusunya pada Kawasan Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini kami menganalisis tata ruang Kawasan Pendidikan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao baik secara tata massa bangunan maupun dari segi kondisi suasana pada ruang-ruang kelas yang berdasarkan Nilai Ajaran Islam. Kondisi yang ada saat ini pengaturan tata massa bangunan Kawasan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao seperti halnya tambal sulam pada pakaian. Untuk menjadikan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao perlu dilakukan penataan ulang Kawasan Pendidikan, sehingga Kawasan Pendidikan yang ada memiliki nilia-nilia Islam di dalamnya. Metode diigunakan adalah Studi Responsive Environment yang disandingkan dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dari studi tersebut dihasilkan bahwa yang menjadi focal poin dari Kawasan Pesantren Madani Alauddin Pao-Pao adalah Masjid, sehingga nilai yang pertama hadir dari Kawasan ini adalah ketaqwaan, kepatuhan. Setelah masjid keberadaan Gedung pengelola sebagai bagian dari system administrasi Kawasan pesantren dan sebagai kontroling untuk pengguna Kawasan. Selanjutnya, Gedung pembelajaran dan di ikuti oleh Gedung-gedung pendukung lainnya.

Author Biographies

Mukhlishah Sam, UIN Alauddin Makassar
Jurusan Teknik Arsitektur
Samiang Katu, UIN Alauddin Makassar
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
Ahmad Ibrahim Rahmani, UIN Alauddin Makassar
Jurusan Teknik Arsitektur
Published
2021-01-05
Abstract viewed = 166 times