EFEKTIVITAS FISH BOWL TECHNIQUE SEBAGAI SARANA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA DAN PEMAHAMAN KONSEP

Athirah Athirah, Sabaruddin Garancang, Suhardiman Suhardiman

Abstract


Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan fish bowl technique (teknik cawan ikan) sebagai sarana sosial pada karakteristik, mengetahui kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan metode konvensional diskusi kelas pada materi karakteristik gelombang, mengetahui fish bowl technique (teknik cawan ikan) sebagai sarana sosial efektif terhadap kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep. Desain  penelitian  yang  digunakan The Matching-Only Design. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  implementasi  fish bowl technique lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan pemahaman konsep pada kelas XI MIPA 2 dibandingkan dengan diskusi kelas pada kelas XI MIPA 1 MAN 1 Makassar.



Keywords


fish bowl technique; kemampuan berbahasa; pemahaman konsep

References


Bloomfield, L. 1993. Language. New York: Rinchart and Wiston.

Chaer, Abdul. 2011. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Mania, Siti. 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin Press.

Noviyanti, Mery. 2016. Pengaruh Motivasi dan Keterampila Berkomunikasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Tutorial Online Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada matakuliah Statistika Pendidikan. FKIP_UT. Tangeran Selatan. http://www.E-Jurnal.html.

Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sabarti, Akhadiah. 1992. Bahasa Indonesia II. Jakarta: DEBDIKBUD.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisnayadi, Tuwu. 2007. Menggapai cita-cita. Yogyakarta: PT. Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2a10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325