PENERAPAN METODE INQUIRY TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP

Nining Dwi Harti, Suprapta Suprapta, Muh Syihab Ikbal

Abstract


Adapun judul penelitian ini yaitu untuk mengetehui peningkatan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa setelah diajar menggunakan metode inquiry terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh pada keterampilan proses sains sebesar -2,32 dan ttabel sebesar 2,14, sehingga thitung < ttabel.dan pada keterampilan proses sains diperoleh nilai rata-rata dari guru lebih besar daripada nilai setelah penelitian sehingga disimpulkan tidak ada peningkatan. Dan thitung yang diperoleh pada pemahaman konsep siswa sebesar -0,61 dan ttabel sebesar 2,14, sehingga thitung < ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diajar menggunakan metode inquiri terbimbing.


Keywords


Inquiry; Guided Inquiry; Keterampilan Proses Sains;Pemahaman Konsep

References


Bloom et al. 1956. Taxonomy of Education Objectives. U.S.A: Longmans

Kuhlthau, C. C., L. K. Maniotes. and A. K. Caspari. 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. Greenwood Publishing Group. London.

Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Giramedia

Sugiyono. 2012.Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2a7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325