PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AWETAN KERING METAMORFOSIS KUPU-KUPU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO

Rahma Rahma, Jamilah Jamilah, Ahmad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media awetan kering metamorfosis  kupu-kupu    terhadap  hasil  belajar siswa pada materi  metamorfosis kupu-kupu kelas VIII MTs Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi-Experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bontoramba yang berjumlah 80 orang yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel penelitian dipilih dua kelas menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga ditentukan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 orang dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan insrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan  uji paired 2 sample t-tes. Berdasarkan hasil analisis pada uji hipotesis nilai posttest kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII B) diperoleh nilai  sig. 0,000 < 0,05  Dengan demikian 𝐻0 ditolak dan 𝐻diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media awetan kering metamorfosis kupu-kupu terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII MTs Bontoramba .


Keywords


hasil belajar, metamorfosis kupu-kupu, media

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(1), 149–162.

Fakhyuni Sari, D. (2018.). . Jurnal pengembangan media pembelajaran biologi berupa awetan kering menggunakan fiberglass pada materi bryophyta untuk siswa kelasX SMA.

Lukitasari, H. (2009). Pemanfaatan Media Asli (Spesimen Hewan) Sebagai Sumber Belajar Sub Materi Platyhelminthes dan Nemathelminthes di SMA 1 Suruh. Universitas Negeri Semarang.

Setyandari, A. (2015). Inovasi Pemanfaatan Media Film Untuk Peningkatan Kemampuan Listening Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. MAGISTRA, 27(91).

Siburian, I. A. T. U. A. (2019). Pengaruh penggunaan media awetan basah pada phylum moluska dan echinodermata melalui model inquiry learning terhadap hasil belajar siswa kelas x di sman 2 gedongtataan pesawaran.

Siswati, E. K., Herlina, L., & Budiyanto, K. (2012). Model Hands On Minds On dengan Bantuan Media Asli Pada Materi Spermatophyta. Journal of Biology Education, 1(1).

Suryani, I. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Awetan Herbarium Pada Materi Pteridophyta Kelas X Sma Muhammadiyah Nanga Pinoh. UM Pontianak.

Susilo, M. J. (2015). Analisis kualitas media pembelajaran insektarium dan herbarium untuk mata pelajaran biologi sekolah menengah. Jurnal Bioedukatika, 3(1), 10–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 rahma rahma, Jamilah Jamilah, Ahmad Ali