PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA

Baharuddin Abbas, Andi Halimah, Nursalam Nursalam, Lisnasari Andi Mattoliang

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research & Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Makassar dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII1. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, angket respons guru, angket respons siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil validasi media pembelajaran adalah 3,45 berada pada kategori valid. Rata-rata skor yang diperoleh berdasarkan respons guru dan respons siswa terhadap media pembelajaran sebesar 93,1% dan 96,9% yang menunjukkan media pembelajaran ini praktis. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan rata-rata 3,87 berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa dalam kategori sangat baik yakni 94,75%, dan tes hasil belajar berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan belajar keseluruhan siswa sebesar 83,08%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis multimedia memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

 

Abstract

This study aimed to develop multimedia-based interactive learning media that is valid, practical, and effective. This type of research was Research & Development. The development used in this study was the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model. The population of this study was eight-grade students of MTs Negeri 1 Kota Makassar with the study sample was students of VIII1 class in MTs Negeri 1 Kota Makassar. The research instruments used were expert validation sheet, students’ activity observation sheet, teachers’ activity observation sheet, teacher response questionnaire, student response questionnaire, and learning achievement test. The results showed that the average score of the learning media validation result was 3.45 in the valid category. The average score obtained from the teacher and students’ questionnaire responses were 93.1% and 96.9%, indicated that this learning media was practical to use. The ability of teachers to manage to learn obtained an average of 3.87 is in the very good category, students’ activity in the very good category which is 94.75%, the learning achievement test is in high category with the percentage of 83.08% It can be concluded that multimedia-based interactive learning media fulfilled the criteria of validity, practicality, and effectiveness.


Keywords


pengembangan media pembelajaran, bangun datar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Bakar, K. A., Ayub, A. F. M., Luan, W. S., & Tarmizi, R. A. (2010). Exploring secondary school students’ motivation using technologies in teaching and learning mathematics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4650–4654. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.744

Dale, E. (1969). Audiovisual methods in teaching. 3rd ed., 1969, Holt, Rinehart and Winston

Habibi, B. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif multimedia menggunakan Kvisoft Flipbook maker berbasis Etnomatematika. UIN Raden Intan Lampung.

Ima Nurjayanti, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Uma Ética Para Quantos? https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Islam, M. S., & Fahmi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6.

Masters, K. (2013). Edgar Dale’s Pyramid of Learning in medical education: A literature review. Medical Teacher, 35(11), e1584–e1593.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer - Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta.

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara.

Sari, R. S. P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Adobe Flash untuk Kelas VIII SMP. UIN Raden Intan Lampung.

Scramm. (1977). Big Media Little Media. Sage Public-Baverly Hills.

Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113–117.

Sudirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutikno. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Holistica.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka.

Waskito, D. (2014). Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Speed Journal-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(3), 59–65.

Wibowo, E. J. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika Dan Komputer, 2(1).

Wicaksono, S. (2016). the Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats