PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS IX MTS PONPES AL-IKHSANDDI KANANG
DOI:
https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3717Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dan melakukan eksperimen dengan peserta didik yang diajar tanpa melakukan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design – Intact Grouf Comparason. Metode pengumpulan yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data untuk kelas eksperimen 78,9 % berada pada kategori tinggi dan untuk kelas control 37,1 % berada pada kategori rendah. Analisis data menggunakan uji t i t hitung > t tabel (25,8 >1.521), maka nilai t hitung berada pada daerah Ha sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Jauhar, Muhammad. 2011. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Gramedia.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian: Refleksi Pengembangan Pemahaman dan Penguasaan Metodologi Penelitian. Malang: UIN Malang Press.
Moh. Amien. 1988. Buku Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Praktikum Pendidikan IPA Umum.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Morgan, Clifford T. 1961. Introduction to Psychology. New York: The University Of Wisconsin.
Siti,Lailiyah. 2007. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Inquiry Terhadap Kemampuan Psikomotorik Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Mahasiswa Jurusan P.MIPA FKIP UNS Tahun Ajaran 2006/2007.Surakarta: Skripsi.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.