Pengaruh Model Pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, Evaluating) Materi Sistem Ekskresi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

  • Tang Silmy Zahrah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mashuri Masri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran QODE, sistem ekskresi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, Evaluating), mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran QODE, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran QODE  terhadap hasil belajar peserta didik. Eksperimen semu digunakan sebagai jenis penelitian dengan menerapkan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini 65 peserta didik yang bersumber dari kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pangkep. Kelas XI IPA 1 sebanyak 22 peserta didik sebagai kelas kontrol serta kelas XI IPA 2 dengan jumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen, menggunakan purposive sampling sebagai teknik sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang bertujuan mengukur hasil belajar peserta didik sebanyak 25 soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian diperoleh  rata-rata skor hasil belajar peserta didik sebesar 82,91 pada kelas eksperimen dan 71,27 pada kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan  nilai sig.(2-tailed) 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan  Ha diterima berarti terdapat pengaruh signifikansi hasil belajar peserta didik yang diajar dengan penggunaan model pembelajaran QODE dan peserta didik yang tanpa penggunaan model pembelajaran QODE.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amaliyah, M, Nyoman S, & Kompyang S. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868.

Asriyanti, F. D, & Indah S P. 2020. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 29(1), 79–87. http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p079.

Asyafah, A. 2019. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 6(1), 19–32. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/20569.

Harefa, D et al. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(1), 325–32. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

Hasan, K., Halik, A & Suratman, N. E. Z. "Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matemaatika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus IV Wilayah II Kecamatan Soreang Parepare" Jurnal Pendidikan Matematika 3(1), 1-15. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/6425

Ilham, D. 2019. “Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 8(3), 109–22. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73.

Indarta, Y et al. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2), 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Indrawati, A. D et al. 2016. “Analisis Faktor Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udyana.” Jurnal Ilmu Manajemen (JUIMA) 6(1), 1–16. https://web.archive.org/web/20170605030930id_/http://ojs.unmas.ac.id:80/index.php/JUIMA/article/viewFile/452/412.

Irawati, R. 2015. “Gambaran Pengenalan Model Pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing and Evaluating) Pada Guru IPA SMP Di Kabupaten Probolinggo.” Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 5(2), 51–55. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p51-55.

Muhammad, A. 2015. “Filsafat Pendidikan.” Kencana: Jakarta.

Muliani, R. D, & Arusman. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat 2(2), 133–39. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684.

Nilasari, E, Ery. T D, & Anang, S. 2016. “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1(7), 1399–1404. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6583.

Nurlinawati. 2022. “Optimalisasi Hasil Belajar IPA Materi Listrik Statis Dengan Model Pembelajaran QODE Berbantu Alat Peraga Pada Siswa Kelas IX. SUMAYYAH DI SMP NEGERI 10 LANGSA Tahun 2019.” SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA 2(1), 17–23. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.917.

Peranginangin, A, Hotrisman, B, & Rafeli, G. 2020. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional.” Jurnal Penelitian Fisikawan 3(1), 43–50. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452.

Rodiyah, Nunuk. 2023. "Implementasi Pembelajaran Biologi Berbasis Gambar Interaktif untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik Materi Pencemaran Lingkungan". Journal of Xlassroom Action Research 5(1), 284-290. 10.29303/jcar.v5i1.3556

Saat, S. 2015. “Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan).” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8(2), 1–17.https://www.neliti.com/publications/235726/faktor-faktor-determinan-dalam pendidikan-studi-tentang-makna-dan-kedudukannya-d.

Siang, J. L et al. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP.” JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1), 40–52. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15329.

Sudarsana, I. K. G. 2021. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Indonesian Journal of Educational Development 2(1), 176–86. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677.

Suhada, I, Chera, R. F & Sri H. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia.” Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi 7(1), 64–75. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2751.

Suparya, I. K, I Wayan S, & Ida B. P. A. 2022. “Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9(1), 153–66. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580.

Tanjung, R et al. 2022. “Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Glasser 6(1), 29–36. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481.

Wahyuni, A. S. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa.” Jurnal Pendidikan MIPA 12(2), 118–26. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Widoyoko, E. P. 2009. "Evaluasi Program Pembelajaran", Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Wulandari, I. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal papeda 4(1), 17-23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.

Yandi, A, Anya N. K. P, & Yumna S. K. P. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14.

Yanuarti, A, & Ahmad S. 2016. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3261.

Zahro, F, I Nyoman S. D, & Alif M. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 8(2), 196–205. http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021.

Zikra, Heffi. A, & Ramadhan. S. 2016. “Pengembangan Compact Disc (Cd) Interaktif Materi Sistem Eksresi Pada Manusia Untuk Siswa SMA.” BioCONCETTA: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi 2(1), 102–13. https://doi.org/10.22202/bc.2016.v2i1.1490.

Diterbitkan
2025-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 14 times