Determinasi Minat Mahasiswa Dalam Pemilihan Jurusan: Peran Prestasi Akademik

  • Said Said Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Misykat Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Salahuddin Salahuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Pemilihan jurusan di perguruan tinggi merupakan keputusan akademik yang kompleks, dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti prestasi akademik, minat, dan dorongan eksternal. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara prestasi belajar di tingkat SMA dengan minat pemilihan jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, melibatkan 77 mahasiswa angkatan 2017 sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui dokumentasi nilai rapor dan angket minat pemilihan jurusan, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar di SMA dan minat pemilihan jurusan Pendidikan Biologi (nilai signifikansi = 0,424; p > 0,05). Analisis tambahan berdasarkan jenis kelamin dan asal sekolah juga tidak menunjukkan perbedaan yang berarti. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemilihan jurusan tidak sepenuhnya didasarkan pada prestasi akademik sebelumnya, melainkan dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengaruh sosial, harapan keluarga, dan prospek karier. Selain itu, sekitar 37,66% mahasiswa yang memilih jurusan ini memiliki tingkat minat yang rendah, yang berpotensi mempengaruhi motivasi dan keberhasilan akademik mereka di perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini menyoroti perlunya evaluasi ulang dalam proses seleksi mahasiswa baru serta pentingnya layanan konseling akademik untuk memastikan mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pilihan akademik mahasiswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aria, N. F. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat memilih jurusan IPS pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68-78.

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational beliefs, values, and goals. Annual Review of Psychology, 53, 109-132.

Lent, R. W., Brown, S. D., & Hackett, G. (2010). Social cognitive career theory: A new perspective on career development and academic choice. Journal of Vocational Behavior, 76(1), 1-17.

Nasir, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X.5 di SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Novita, A. (2011). Hubungan antara prestasi akademik dan pemilihan jurusan pada siswa SMA. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pascarella, E. T., & Terenzini, P. T. (2005). How college affects students: A third decade of research (Vol. 2). San Francisco: Jossey-Bass.

Rahmania, U. (2006). Pengaruh minat dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pemalang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sardiman, A. M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Siangian, R. E. F. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 130.

Zanikhan. (2009). Minat belajar siswa. Diakses dari http://www.Zanikhan.multiply.com.

Diterbitkan
2025-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 18 times