PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMAN 5 TAKALAR DITINJAU DARI GENDER
DOI:
https://doi.org/10.24252/asma.v7i1.56381Kata Kunci:
Kecemasan Matematika, Kemampuan pemecahan Masalah, GenderAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kecemasan matematika siswa dan kemampuan pemecahan masalah di SMAN 5 Takalar (2) pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 5 Takalar ditinjau dari gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Takalar dengan populasi 310 siswa kelas X, dengan jumlah kelas sebanyak 9. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X3 sebanyak 34 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampel acak (simple random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kecemasan matematika untuk mengatahui kecemasan matematika siswa dan tes untuk mengathui kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kecemasan matematika siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki dan kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki, (2) Berdasarkan nilai Diperoleh nilai thitung sebesar 3,526 untuk siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Untuk siswa perempuan nilai thitung sebesar 3,752. Hal ini menunjukkan bahwa nilaii thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Untuk keseluruhan dengan tingkat signifikansi 5% maka nilai thitung sebesar 5,305. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,032, sehingga dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara keseluruhan baik laki-laki dan perempuan.
Unduhan
Referensi
Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi lingkaran berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.293
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan mixed methode (Sulaeman (ed.); 1st ed.). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Khairunnisa, E., Fitri, A., Studi, P., Matematika, P., Pekalongan, U., Tengah, J., Masalah, K. P., & Matematis, K. (2023). Pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong. 3, 49–54.
Lestari, H., Fitriza, R., & A, H. (2020). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII MTs. Math Educa Journal, 4(1), 103–113. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1325
Lita, I. M., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(3), 259–265. http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v4i3.20791
Masnu’ah, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan pendidikan Islam dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 115–130. https://doi.org/10.69896/modeling.v9i1.1131
Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745
OECD. (2023). PISA 2022 results the state of learning and equity in education: Vol. I (Issue 2).
Osman, S., Che Yang, C. N. A., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing students’ mathematical problem-solving skills through bar model visualisation technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273–279. https://doi.org/10.12973/iejme/3919
Polya, G. (1973). How to solve it. Princeton University Press. https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf
Putri, Syahdilla Apriliani, Nurimani, & Suyanto, A. (2021). Hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 197–206.
Riski, F., Rafianti, I, & Marethi, I. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA. 2(2), 11–23. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750
Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka sistematik: pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vos, P. (2018). “How real people really need mathematics in the real world”—authenticity in mathematics education. Education Sciences, 8(4). https://doi.org/10.3390/educsci8040195
Wijaya, R., Fahinu, F., & Ruslan, R. (2019). Pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).