PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMAN 5 TAKALAR DITINJAU DARI GENDER

Penulis

  • Nur Yuliany Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rudianto Rudianto Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Mardhiah Mardhiah Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Farham Majid Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Munirah Munirah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/asma.v7i1.56381

Kata Kunci:

Kecemasan Matematika, Kemampuan pemecahan Masalah, Gender

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kecemasan matematika siswa dan kemampuan pemecahan masalah di SMAN 5 Takalar (2) pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 5 Takalar ditinjau dari gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Takalar dengan populasi 310 siswa kelas X, dengan jumlah kelas sebanyak 9. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X3 sebanyak 34 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampel acak (simple random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kecemasan matematika untuk mengatahui kecemasan matematika siswa dan tes untuk mengathui kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kecemasan matematika siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki dan kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki, (2) Berdasarkan nilai Diperoleh nilai thitung sebesar 3,526 untuk siswa laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Untuk siswa perempuan nilai thitung sebesar 3,752. Hal ini menunjukkan bahwa nilaii thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,032. Untuk keseluruhan dengan tingkat signifikansi 5% maka nilai thitung sebesar 5,305. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,032, sehingga dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara keseluruhan baik laki-laki dan perempuan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi lingkaran berbentuk soal kontekstual ditinjau dari gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.293

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan mixed methode (Sulaeman (ed.); 1st ed.). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Khairunnisa, E., Fitri, A., Studi, P., Matematika, P., Pekalongan, U., Tengah, J., Masalah, K. P., & Matematis, K. (2023). Pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong. 3, 49–54.

Lestari, H., Fitriza, R., & A, H. (2020). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII MTs. Math Educa Journal, 4(1), 103–113. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1325

Lita, I. M., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(3), 259–265. http://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v4i3.20791

Masnu’ah, S., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan pendidikan Islam dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 (Sisdiknas). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 115–130. https://doi.org/10.69896/modeling.v9i1.1131

Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745

OECD. (2023). PISA 2022 results the state of learning and equity in education: Vol. I (Issue 2).

Osman, S., Che Yang, C. N. A., Abu, M. S., Ismail, N., Jambari, H., & Kumar, J. A. (2018). Enhancing students’ mathematical problem-solving skills through bar model visualisation technique. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 273–279. https://doi.org/10.12973/iejme/3919

Polya, G. (1973). How to solve it. Princeton University Press. https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf

Putri, Syahdilla Apriliani, Nurimani, & Suyanto, A. (2021). Hubungan kecemasan matematis dengan hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 197–206.

Riski, F., Rafianti, I, & Marethi, I. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA. 2(2), 11–23. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750

Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka sistematik: pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vos, P. (2018). “How real people really need mathematics in the real world”—authenticity in mathematics education. Education Sciences, 8(4). https://doi.org/10.3390/educsci8040195

Wijaya, R., Fahinu, F., & Ruslan, R. (2019). Pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-13

Cara Mengutip

Yuliany, N., Rudianto, R., Mardhiah, M., Majid, A. F., & Munirah, M. (2025). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMAN 5 TAKALAR DITINJAU DARI GENDER. Al Asma: Journal of Islamic Education, 7(1), 65–75. https://doi.org/10.24252/asma.v7i1.56381

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.