Efektivitas Penerapan Model PjBL terintegrasi STEAM terhadap Keterampilan Proses Sains, Berpikir kreatif, dan Berpikir kritis pada Bidang Studi Biologi SMA
DOI:
https://doi.org/10.24252/jb.v13i2.61447Kata Kunci:
berpikir kreatif, berpikir kritis, keterampilan proses sains, project-based learning (PjBL), STEAMAbstrak
Penggunaan model pembelajaran yang tepat berdampak terhadap keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEAM dalam meningkatkan keterampilan proses sains, berpikir kreatif, dan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi. Metode penelitian menggunakan desain pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 65 siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar, terdiri dari kelompok eksperimen (PjBL-STEAM) dan kelompok kontrol (PjBL). Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes tertulis, kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEAM mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif (N-Gain 0,52) dan berpikir kritis (N-Gain 0,50) pada kategori sedang, namun belum signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains yang masih berada pada kategori baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun pendekatan STEAM berpengaruh terhadap kemampuan proses sains dan berpikir kreatif, Namun perlu ditinjau kembali mengenai peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Biologi.
Unduhan
Referensi
Ajir, B., Salmawati, S., & Ishak, S. (2025). Literature Review: Inovasi Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 219–226. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.778
Ali. A. Pengembangan perangkat asesmen praktikum anatomi fisiologi manusia berbasis keterampilan proses sains mahasiswa jurusan pendidikan biologi uin alauddin makassar. Jurnal Biotek, 1(1), 21-30. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1686.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran project-based learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi: Literature review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550
Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857
Diki, D. (2013). Creativity for Learning Biology in Higher Education. LUX, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.5642/lux.201303.03
Fadilah, M., & Alberida, H. (2023). Literatur Review: Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project-based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 10-20.
Hamdani, A., Anggara, A., Amanda, B., Naibaho, S., & Fitri, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN 1 Lengayang. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 3, No. 2, pp. 1342-1348).
Indahwati, S. D., Rachmadiarti, F., & Hariyono, E. (2023). Integration of PJBL, STEAM, and Learning Tool Development in Improving Students’ Critical Thinking Skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(6), 808–818. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i6.434
Kause, M. C., Paut, L. E., & Sunbanu, H. F. (2024). Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8873
Kurniahtunnisa, Wola, B. R., Harahap, F., Tumewu, W. A., & Warouw, Z. W. M. (2024). Research trends of science process skills in Indonesian science education journals. Journal of Turkish Science Education, 21(4), 668–687. https://doi.org/10.36681/tused.2024.036
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222
Mahali, J., Kashardi, K., Irwandi, I., & Hartati, M. S. (2023). Perbedaan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Pembelajaran PJBL dan PBL pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 02 Seberang Musi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.24
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurhayati B, Adnan Adnan, Andi Asmawati Azis, Ismail Ismail, Abdul Hadis, Suriyani Suriyani, Muhammad Isrul, Rahmawati Latif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Biotek agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





