Efektivitas Penerapan Model PjBL terintegrasi STEAM terhadap Keterampilan Proses Sains, Berpikir kreatif, dan Berpikir kritis pada Bidang Studi Biologi SMA

Penulis

  • Nurhayati B Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Adnan Universitas Negeri Makassar
  • Andi Asmawati Azis Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Ismail Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Hadis Universitas Negeri Makassar
  • Suriyani Suriyani Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Makassar
  • Muhammad Isrul Universitas Negeri Makassar
  • Rahmawati Latif Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/jb.v13i2.61447

Kata Kunci:

berpikir kreatif, berpikir kritis, keterampilan proses sains, project-based learning (PjBL), STEAM

Abstrak

Penggunaan model pembelajaran yang tepat berdampak terhadap keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEAM dalam meningkatkan keterampilan proses sains, berpikir kreatif, dan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran biologi. Metode penelitian menggunakan desain pra-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 65 siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar, terdiri dari kelompok eksperimen (PjBL-STEAM) dan kelompok kontrol (PjBL). Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes tertulis, kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL terintegrasi STEAM mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif (N-Gain 0,52) dan berpikir kritis (N-Gain 0,50) pada kategori sedang, namun belum signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains yang masih berada pada kategori baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun pendekatan STEAM berpengaruh terhadap kemampuan proses sains dan berpikir kreatif, Namun perlu ditinjau kembali mengenai peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Biologi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajir, B., Salmawati, S., & Ishak, S. (2025). Literature Review: Inovasi Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(1), 219–226. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.778

Ali. A. Pengembangan perangkat asesmen praktikum anatomi fisiologi manusia berbasis keterampilan proses sains mahasiswa jurusan pendidikan biologi uin alauddin makassar. Jurnal Biotek, 1(1), 21-30. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1686.

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran project-based learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi: Literature review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550

Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Diki, D. (2013). Creativity for Learning Biology in Higher Education. LUX, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.5642/lux.201303.03

Fadilah, M., & Alberida, H. (2023). Literatur Review: Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project-based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 10-20.

Hamdani, A., Anggara, A., Amanda, B., Naibaho, S., & Fitri, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di SMAN 1 Lengayang. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 3, No. 2, pp. 1342-1348).

Indahwati, S. D., Rachmadiarti, F., & Hariyono, E. (2023). Integration of PJBL, STEAM, and Learning Tool Development in Improving Students’ Critical Thinking Skills. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(6), 808–818. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i6.434

Kause, M. C., Paut, L. E., & Sunbanu, H. F. (2024). Implementasi Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8873

Kurniahtunnisa, Wola, B. R., Harahap, F., Tumewu, W. A., & Warouw, Z. W. M. (2024). Research trends of science process skills in Indonesian science education journals. Journal of Turkish Science Education, 21(4), 668–687. https://doi.org/10.36681/tused.2024.036

Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i5.222

Mahali, J., Kashardi, K., Irwandi, I., & Hartati, M. S. (2023). Perbedaan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Pembelajaran PJBL dan PBL pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 02 Seberang Musi. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.24

Diterbitkan

2025-12-09

Cara Mengutip

B, N., Adnan, A., Azis, A. A., Ismail, I., Hadis, A., Suriyani, S., … Latif, R. (2025). Efektivitas Penerapan Model PjBL terintegrasi STEAM terhadap Keterampilan Proses Sains, Berpikir kreatif, dan Berpikir kritis pada Bidang Studi Biologi SMA. Jurnal Biotek, 13(2), 141–153. https://doi.org/10.24252/jb.v13i2.61447

Terbitan

Bagian

Artikel