ANALISIS PENDAPATAN PETERNAK AYAM RAS PETELUR SEMI MANDIRI DI DESA KULO KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG (STUDI KASUS: PADA PT. CAHAYA MARIO)

  • Dwy Imas Saputra
  • Veronica Sri Lestari
    (ID)
  • Sitti Nurani Sirajuddin
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan peternak ayam ras petelur semi mandiri di Desa Kulo, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang (studi kasus pada PT. Cahaya Mario). Penelitian dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan yaitu pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2015 di Desa Kulo, kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yaitu menggambarkan atau menguraikan variabel penelitian yaitu menganalisis pendapatan peternak ayam ras petelur semi mandiri di Desa Kulo, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peternak ayam ras petelur yang melakukan semi mandiri pada PT. Cahaya Mario yang berlokasi di Desa Kulo, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh peternak yang melakukan sistem semi mandiri pada PT. Cahaya Mario yang berlokasi di Desa Kulo, Kecamatan Kulo, sebanayak 2 peternak ayam ras petelur dan memiliki skala pemeliharaan 2000 dan 4000 ekor yang ditentukan dengan sengaja (purposive methode). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif yaitu dengan menghitung rata – rata pendapatan, presentase, menghitung besarnya sampel dan melakukan penyederhanaan data serta penyajian data dan dengan menggunakan tabel. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu pendapatan peternak ayam ras petelur semi mandiri untuk Responden 1 skala usaha 4.000 ekor adalah Rp. 312.171.515 dengan pendapatan per ekor adalah Rp. 78.043 dan responden 2 yaitu Rp. 149.535.603 dan pendapatan per ekor Rp. 74.768. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-17
How to Cite
Saputra, D. I., Lestari, V. S., & Sirajuddin, S. N. (2017). ANALISIS PENDAPATAN PETERNAK AYAM RAS PETELUR SEMI MANDIRI DI DESA KULO KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG (STUDI KASUS: PADA PT. CAHAYA MARIO). Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan , 2(3). https://doi.org/10.24252/jiip.v2i3.3911
Section
Table of contents
Abstract viewed = 486 times