PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POLONG BANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Nani Arismayani, M. Yusuf T., Nurkholisah Latuconsina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran realistik dan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan matematik logis terhadap hasil belajar matematika siswa,(3) perbedaan hasil belajar matematika siswa kategori kecerdasan matematik logis tinggi antara siswa yang belajar dengan pendekatan  pembelajaran realistik dan siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, (4) perbedaan hasil belajar matematika siswa kategori kecerdasan matematik logis rendah antara siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran realistik dan siswa yang belajar  dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan desain factorial 2x2. Teknik analisis data ini menggunakan analisis variansi (ANOVA) dua arah dengan interaksi dan uji lanjut Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dari pada yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, 2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan matematik logis terhadap hasil belajar matematika siswa, 3) hasil belajar matematika siswa pada kategori kecerdasan matematik logis tinggi yang belajar dengan pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dari pada yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional, 4) hasil belajar matematika siswa pada kategori kecerdasan matematik logis rendah yang belajar dengan pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dari pada yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional.


Keywords


Kecerdasan Logis Matematis, Hasil belajar

References


Arif, T. M. (2007). Statistik terapan. Cet I. Makassar: Andira Publisher.

Armstrong, T. (2004). Menerpkan multiple intelligences. Cet. IV. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Darsono. (2010). “PMRI (Pembelajaran matematika realistik Indonesia) suatu inovasi dalam pendidikan matematika di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, vol .5 ,No. 7 (Juni 2010).

Fitriana, H. (2010). “Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Hadi, S. (2009). “Introducing realistic mathematics education to junior high school mathematics teachers in Indonesia". Journal of Scholarly Academic Intellectual Diversity, Vol. 16, No. 1 (2009).

Hartati. (2014). Guru pelajaran matematika di smp negeri 1 polong bangkeng utara kab. Takalar: Wawancara oleh penulis di SMP Negeri 1 Kabupaten Takalar, 15 Agustus 2014.

Ishak. (2014). “efektivitas pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas viii mts negeri model makassar”. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin.

J.Nitko, A. (2001). Education assessment of students. Third Edition; New Jersey: Person Merrill Prentice Hall.

Kwon, O. N. (2014). “Conceptualizing the realistic mathematics education approach in the teaching and learning of ordinary diffferential equations”, Journal of Mathematics Education Department in Ewha Womans University, Vol.1. No. 4.

Lunenburg , F. C., & Melody, R. L. (2014). Applying multiple intelligences in the classroom:a fresh look at teaching writing, Journal of scholarly academic intellectual diversity,Vol. 16, No. 1.

Meinani, D. S. (2009). Penerapan kecerdasan majemuk untuk meningkatkan hasil belajar fisika di SMA Negeri 2 Magelang, Jawa Tengah, Jurnal Berkala Fisika Indonesia, Vol. 1, No 2 (Januari 2009).

Muhiddin. (2010). “Pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas vii9 smp negeri 2 sungguminasa Kabupaten Gowa”. Skripsi. Gowa : Fakultas MIPA UNM Makassar.

Mukhidin. (2012). “Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada materi operasi vektor mata pelajaran fisika di MAN Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012”Skripsi (Semarang: IAIN Walisongo Semarang).

Nasution. (1989). Kurikulum dan pengajaran(cet II; Jakarta: PT Bumi Aksara.

Noor, J. (2014). Metodologi penelitian. Cet. IV; Jakarta: Kencana.

Nursalam. (2012). Pengukuran dalam pendidikan. Cet;1. Makassar: Alauddin University Press.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: RemajaRosdakarya, Cet. 16.

Rapi, M. (2012). Pengantar strategi pembeljaran (Pendekatan Standar Proses). Makassar: Alauddin University Press.

Rosita, T., Neneng. (2013). “Pendekatan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. Yogyakarta: FMIPA UNY” Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3, no. 1.

Saepudin. (2014). Pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan pada perkalian bilangan di kelas II Sekolah Dasar, http://asepsaepudin8.blogspot.com/2010/12/pendekatan-matematika-realistik-untuk.html, Didownload Pada Hari Jumat Tanggal 5 Desember 2014.

Sembiring, R. K., dkk. (2008). “Reforming mathematics learning inn indonesian classrooms trough RME”, ZDM mathematics education: jurnal mathematical education, Vol. 1, No.1.

Sholekhah, H. (2009). “Meningkatkan hasil belajar matematika dengan pendidikan matematika realistik indonesia kelas II SD 3 Bantu”. Skripsi Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Cet. VII; Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. (2014). Penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Cet. XX; Bandung: Alfabeta.

Supiyati, S., dkk. (2013). “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP dengan model pembelajaran matematika realistik di Kabupaten Lombok Timur” Yogyakarta: FMIPA UNY. Jurnal pendidikan matematika, volume 2. no.1 (januari 2008).

Üzel, D., & Sevinç, M. U. (2006). “Attitudes of 7th class students toward mathematics in realistic mathematics education”, International Mathematical Forum 1, Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 1, No. 39.

Wade, C., & Carol, T. (2007). Psikologi, Cet IX; Jakarta: Erlangga.

Widjaja, Y. B., & Andre, H. (2003). “How realistic mathematics education approach and microcomputer-based laboratory worked in lessons on graping at an Indonesian Junior High School”, Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia vol 26, No. 2.

Yaumi, M., & Nurdin, I. (2013). Pembelajaran berbasis multiple intelligences Cet;I. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n2a1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

     BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait      


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)

Office Address:

Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 View MaPan Stats