PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEMAHIRAN BERFIKIR MEMBENTUK MORAL DAN AKHLAKUL KARIMAH PELAJAR ISLAM

bakri anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendidikan yang sukses, yang membuat manusia mampu berfikir secara kritis dan keratif. Dan dengan menggunakan pikiran sebagai kekuatan yang mampu mengelaborasi, menganalisa, dan mempurmulasi berupa ide atau gagasan secara konstruktif. Sistem pendidikan yang baik adalah mampu mengedukasi dan memproduksi seseorang melalui ilmu pengetahuan, keterampilan, dan dapat menyelesaikan masalah, berlaku bijak, kreatif, dan mampu mengkritisi permasalahan. Dalam suatu masalah siswa dapat menghadirkan konsep baru dengan mengkritisi keadaan yang ada. Kemahiran berfikir untuk menyelesaikan masalah siswa, ini dapat di bentuk dari segala jenjang pendidikan (sekolah).

Keywords


Pendidikan Islam; Kemahiran berfikir dan Berakhlakul Karimah

References


Ab.Rahim bin Ahmad. (1985). Tanggapan Guru dalam Perancangan Pelaksanaan Kurikulum Sejarah.

Abdul Shukur Abdullah, 2000.Development of Learning and Thinking Society. Proceedings of The International Conference on Teaching and Learning 24-25 November 2000.

Al –Abrasyi, M. Athiyah” Dasar-dasar pokok Pendidikan Islam” Bulan –Bintang, Jakarta 1970.

Beyer, B.K. 1988. Practical strategies for the teaching of thunking. Boston: Allyn and Bacon Inc.

De Bono, R.E (1976). Teacher Thinking and Education. London: Penguin Books. Effendy, Ahmad Fuad “Metodologi pengajaran bahasa Arab” Misykat, Malang 2009.

Ennis, R.H. 1987. A Taxonomy of critical thinking dispositions and abilities. Dlm. J.B. Baron dan R.J. Stenberg (pnyt). Teaching Thinking Skills; Theory and Practice. Hlm 9-12. New York: W.H. Freeman and Company.

Harjanto, Drs. “Perencanaan pengajaran” Rineka cipta” Jakarta 2010.

Hassan Langgulung. 2002. Asas-asas Pendidikan Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Jalaluddin” Teologi Pendidikan“ P.T. Raja Grafindo “ Jakarta 2002.

Miller, D. 1998. Enhancing adolescent competence. Strategies for classroom management, Belmont, CA: Wadsworth Publishing Co.

Muhaimin, M.A.” Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam” P.T. Raja grafindo, Jakarta 2005.

Md Yusoff Daud dan Azhar Abdul Halim. 2000. Multimedia dalam pengajaran dan pembelajaran di sekolah: satu keperluan. Seminar Prosiding Pendidikan Kebangsaan 2000, hlm. 229-241.

Norfawazah binti Togiman, 2002, Pelaksanaan Kemahiran Berfikir Kritis Dalam Pengajaran Guru-Guru Geografi Di Daerah Hilir Perak 4-5.

Syed Muhammad al-Nuquib Al-Attas. 1978. The concept of education on Islam. Kuala Lumpur: ABIM

Tsui, L. 1999. Courses and instruction affecting critical thinking. Research In Higher Education 40(2): 185-200.

Tajul Ariffin Noordin.1999. Pendidikan suatu pemikiran pemula. Dewan Bahasa dan Pustaka.

Vellutino, F.R., Fletcher, J.M., Snowing, M.J. & Scanlon, D.M. 2004. Specific reading disability (dyslexia): what have we learned in the past four decades? Journal of Child Psychology and Psychiatry 45 (1): 2-40.




DOI: https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan is indexed by

      

_______________________________________________________

Al-Daulah is officialy sponsored and funded by Department of Criminal and Constitution Law, State Islamic University Alauddin of Makassar

ISSN Print: 2303-050X ISSN Online: 2580-5797

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: aldaulah@uin-alauddin.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats