QUANTUM LEARNING SEBAGAI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Awaliah Musgamy

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab harus diaplikasikan sebagai suatu proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengatasi kelesuan pembelajaran bahasa Arab selama ini. Tugas terbesar yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah mengubah persepsi para siswa bahwa bahasa Arab itu sulit dan termasuk momok bagi mereka sehingga penerapan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan akan menghilangkan sterotip siswa tersebut dengan sendirinya. Quantum Learning mengasumsikan bahwa proses pembelajaran seperti sebuah orkestra yang tergabung dari beberapa komponen tapi mampu menghasilkan alunan nada yang menghibur bukan hanya mereka yang tergabung dalam orkestra tersebut tapi termasuk mereka yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran bahasa Arab yang yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, segala potensi yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab harus dimaksimalkan.

Keywords


Quantum Learning; Pembelajaran; Bahasa Arab

References


DePorter., Bobby dan Mike Hernacki, Quantum Learning: Unleashing the Genius in You, diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Cet. XXV; Bandung: Kaifa, 2007. DePorter., Bobby dkk., Quantum Teaching: Orchestrating Student Success, diterjemahkan oleh Ary Nilandari, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Cet. XI; Bandung: Kaifa, 2003. Guruvalah, Quantum Learning Melejitkan Potensi Anda, dikutip dari Artikel Majalah Sang Surya, Samarinda Kalimantan Timur, http://www.geocities.com (06 Oktober 2011) Kurnia., Saptiawan Santana, Quantum Learning bagi Pendidikan Jurnalistik: (Studi pembelajaran jurnalistik yang berorientasi pada life skill), http://akhmadsudrajat.wordpress.com. (06 Oktober 2011) Rostikawati., R. Teti, Mind Mapping dalam Metode Quantum Learning dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar dan Kreatifitas Siswa. http://pkab.wordpress.com (06 Oktober 2011) Ramadhan., A. Tarmizi, Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, http://tarmizi.wordpress.com. (06 Oktober 2011) Saryono., Djoko, Pembelajaran Quantum sebagai Model Pembelajaran yang Menyenangkan, http://www.microsoft.com. (06 Oktober 2011) Shīnī., Mahmud Ismail dkk., Mursyid al-Muallim fī Tadrīsi al-Lughah al-Arabiyah lil Ghairi an-Nātiqīna Biha, Cet. II; Riyadh: Maktabah al-Tarbiyah al-Arabiyah lil Daūli al-Halīj, 1985. Syalabi., Ahmad, Ta’līm al-Lugah al-Arabiyah lil Ghairil Arab, Kairo: Maktabah anNahdah al-Mishriyah, 1980. Wahab., Muhbib Abdul, Tantangan dan Prospek Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, Arabic Translation and Intercultural Dialogue Association, www.atida.org (06 Oktober 2011)




DOI: https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By: