RANCANG BANGUN REGULASI PENYELENGGARAAN UMRAH BERBASIS MASLAHAT

FIRMAN MUHAMMAD ARIF

Abstract


Penyelenggaraan ibadah umrah menjelma menjadi profit yang menguntungkan namun dalam kinerja dan proses penyelenggaraan ibadah umrah telah memunculkan maraknya penyimpangan yang berhadapan dengan hukum. Regulasi penyelenggaraan umrah yang dikeluarkan Kementerian Agama sebagai wakil pemerintah yang bertanggung jawab membina, mengawasi dan menangani problematika umrah merupakan pihak yang bertanggung jawab karena telah melakukan pembiaran sehingga jumlah korban semakin fantastis setiap tahun.

Regulasi yang berkenaan dengan penyelenggaraan umrah memerlukan rancang bangun secara komprehensif dan menyeluruh. Penanganan anomali umrah yang dilakukan beberapa oknum biro travel penyelenggara terkesan lamban karena ditangani dengan cara hukum dan bukan dengan cara politis. Dalam tulisan ini, maslahat menjadi instrumen penting dalam melakukan rancang bangun regulasi penyelenggaraan umrah yang memprioritaskan nilai dan konsep istislahi dan sadd al zari’ah yang keduanya diviralkan dalam berbagai literatur perumusan hukum Islam.

Kebijakan istislahi dan sadd al zari’ah dijadikan sebagai barometer atau ukuran dalam meracik dan meramu desain bangunan regulasi penyelenggaraan ibadah umrah sehingga produk regulasi yang dihasilkan dapat diterima masyarakat luas, minim kontroversi, sepenuh hati memberi proteksi dan kenyamanan. Produk regulasi penyelenggaraan ibadah umrah dinilai telah terintegrasi dengan konsep atau nilai istislahi dan sadd al zari’ah karena dirumuskan oleh ulama pewaris nabi sebagai generasi terpelajar yang patut dan pantas dipedomani hingga sekarang.


Keywords


Dinamika – Rancang Bangun – Maslahat

References


Abdillah, Manajemen Umrah Mengurai Problematika Penyelenggaraan Ibadah Umrah di Indonesia. Cet. I; Makassar: Penerbit Shofia, 2018.

al-‘Aqqad, Abbas Mahmud. al Islam Da’wah ‘Alamiyyah. al-Qahirah: Maktabah al Usrah, 1999.

Ali, Zainuddin Sosiologi Hukum. Cet. VII; Jakarta: SInar Grafika, 2012.

Amphuri, Profil mengenai Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia, diakses via amphuri.org pada tanggal 21 Mei 2019.

Apeidom, Van. Inleiding Tot de Stude Van Het Nederlandse Recht, diterjemahkan oleh M. Oetarid Sadino dengan judul: Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: Noordhoff-Kolff, 1959.

Arif, Firman Muhammad. “Penyelenggaraan Ibadah Umrah Berbasis Maslahat”, al-Amwal Edisi Maret Nomor 1 Tahun 2019.

Asshiddiqie, Jimly Pengantar Ilmu Hukum Nata Negara Jilid I. Jakarta: Penerbit Sekretariat Jendral dan Kepanitian MK RI, 2006.

Black, Donald. Sociological Justice. New York: Academic Press, 1989

Dani, Akhmad Anwar. “Problematika Pengelolaan Penyelenggaraan Umrah di Kota Surakarta”, Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies Volume 12 Nomor 1, 2018 UIN Sunan Gunung Djati.

Dewan Syariah Nasional MUI. Himpunan Fatwa DSN MUI, Keputusan No. 28/DSN-MUI/III/2002, diterbitkan atas kerjasama MUI dengan Bank Indonesia, Edisi II, tahun 2002.

Dewansyah, Bilal. Kedudukan Peraturan Menteri dalam Hierarki Peraturan Perundang-undangan, diakses hukumonline.com pada tanggal 20 Juni 2019.

Dewi, Subkhani Kusuma. “Trend Wisata Umrah: Antara Meneladani Sunnah dan Turisme Spiritual”, Empirisma Volume 26 Nomor 2 Juli Tahun 2017

Djazuli. Kaidah-Kaidah Fikih-Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis. Cet. III; Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, diakses haji.kemenag.go.id pada tanggal 12 Juni 2019.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2015 Pasal 1 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah, diakses haji.kemenag.go.id pada tanggal 25 Juni 2019.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaran Ibadah Haji dan Umrah, diakses haji.kemenag.go.id pada tanggal 12 Juni 2019.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Tingginya Minat Umrah, Kemenag Ingatkan 5 Pasti Umrah ke Publik, diakses haji.kemenag.go.id pada tanggal 12 Juni 2019.

Fahham, A. Muchaddam. “Penyelenggaraan Ibadah Umrah: Akar Masalah dan Penanganannya”, Info Singkat Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI Vol. X, No. 07/I/Puslit/April/2018.

Gunawan. Dicatut Penipu, Direktur Biro Travel Haji dan Umrah Merugi 500 jutaan, diakses news.detik.com pada tanggal 17 Mei 2019.

Hanifan. Aqwam Fiazmi. Komersialisasi Umrah Ketika Ibadah Bernilai Bisnis, diakses dari komersialisasi-umrah-ketika-ibadah-bernilai-bisnis-Dl pada tanggal 17 April 2019.

Harahap, Sumuran Lintasan Haji Indonesia. Jakarta: Intermedia, 1994.

Hasan, Khalid Ramadhan. Mu’jam Usul al Fiqh kita Yabhasu fi al Alfaz wa Mustalahat Ilmi Usul al Fiqh ‘ala al Tartib al Abjadiy. Misr: Dar al Tarabisyi, 1418 H.

Hermawan, Kartajaya. & Sula Muhammad Syakir, Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2006.

Himpuh, Profil mengenai Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus, diakses via himpuh.or.id pada tanggal 21 Mei 2019.

I Nyoma Prabu Buana Rumiartha, “Kedudukan Peraturan Menteri pada Konstitusi”, Majalah Ilmiah Widyasrama Universitas Dwijendra Denpasar 2011.

al Khallaf, Abdu al Wahhab Ilmu Usul al Fiqh (Cet. XII; al-Qahirah: Dar al Qalam, 1979.

Kementerian Agama. PP Nomor 79 tahu 2012 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Kementerian Agama RI, PMA No. 396 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Kementerian Agama, PMA Nomor 18 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah.

Kesthuri, Profil Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia, diakses kesthuri.id pada tanggal 21 Mei 2019.

Kholilirrahman. “Hajinya Lansia Ditinjau dari Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam”, Jurnal al-Balagh Jurnal Dakwah dan Komunikasi IAIN Surakarta Volume 2 No. 2, Juli – Desember 2017.

Mahfud MD. Politik Hukum di Indonesia. Cet. VI; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.

Marzuki, Peter Mahmud. Penelitian Hukum. Cet. VIII; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Marsuni, Lauddin. Hukum Perundang-Undangan di Indonesia Cet. I; Makassar: Libitera Institute, 2016.

al Maturidy, Mahmud bin Zaid al Lamisyi al Hanafiy. Kitab fi Usul al Fiqh (Cet. I; Tunis: Dar al Garb al Islamiy, 1995

Misbakhun. OJK Larang Masyarakat Cicil Biaya Umrah di Travel, diakses OJK.go.id pada tanggal 10 Juni 2019.

Mubarok, Jaih Kaidah Fiqh, Sejarah dan Kaidah Asasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

al Nadwi, Ali Ahmad al Qawa’id al Fiqhiyyah, Mafhumuha, Naasy’atuha, Tathawwuruha, Dirasat Mu’allifatiha, Adillatuha, muhimmatuha, Tathbiquha. Damaskus: Dar al Qalam, 1994.

Opwis, Felicitas Meta Maria. Maslaha and The Purpose of The Law: Studies in Islamic Law and Society. Boston Leiden: Martinus Nijhoff Publishers and VSP, 2010.

PT. Budi Luhur Abadi, 6 Asosiasi Penyelenggara Haji dan Umrah di Indonesia, diakses via ayohaji.com pada tanggal 21 Mei 2019.

Prihanto, Sigit. “Penegakan Hukum terhadap Tindak Pidana Penipuan Calon Jamaah Umrah”, Jurnal Hukum Khaira Ummah Vol. 12 No. 4 Desember 2017.

Rangkuti, Affan. Industri Umrah Berpotensi Sumbang 7,2 Triliun, diakses via republika.co.id pada tanggal 17 April 2019.

Ratnawati, Novi “Upaya Penanggulangan Terjadinya Penipuan yang Dilakukan Biro Perjalanan Umrah: Studi Kasus Kota Bandar Lampung”, Jurnal Hukum Fak. Hukum Universitas Lampung di Bandar Lampung Vol. I No. 1 Tahun 2018.

Redaksi Republika, Pengelolaan Haji pada Masa Orde Lama, diakses republika.co.id pada tanggal 17 Mei 2019.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Republik Indonesia, Undang Undang No. 17 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Sabiq, Sayyid. Fiqh al Sunnah Mujallad al Awwal. al-Qahirah: Dar al-Fath li al-I’lam al-‘Arabiy, 1998 M/1417 H

Saifuddin, Lukman Hakim. Kemenag Ungkap Penyebab Penipuan Umrah Marak di 6 Tahun Terakhir, diakses detik.com pada tanggal 19 Mei 2019.

al Sam’aniy, Mansur bin Muhammad bin ‘Abdu al Jabbar. Qawati’ al Adillah fi al Usul Juz al Tsani. Beirut: Dar al Kutub al Ilmiyyah, 1997 M/1418 H

Sali, Mahrus. Catatan Penyelenggaraan haji dari Masa ke Masa, artikel online diakses iphi.web.id pada tanggal 17 Mei 2019

Sari, Indah Fitriana. “Tinjauan Hukum Islam terhadap Pembiayaan Haji dan Umrah Melalaui Sistem Marketing di PT. Arminareka Perdana Yogyakarta”, Jurnal Economic: Ekonomi dan Hukum Islam Vol. 5 No. 1 tahun 2015.

al Sawi, Abdu al Hafiz. Nazariyyatu al Zarai’ wa Asaruha fi Tatbiqat al Mu’amalah al Maliyyah al Mu’asirah. Beirut: Dar al Fikr, t.th.

Sekretariat Majelis Ulama Indonesia 2005, Himpunan Keputusan Musyawarah Nasional VII MUI tahun 2005.

Siradj, Mustolih Investasi Bisnis Umrah dihambat Peraturan Menteri Agama, sebagai Ketua Komnas Haji dan Umrah diakses dan dikutip dari http://www.nu.or.id pada tanggal 12 Juni 2019.

al Syahid, al Sayyid. al Khitab al Islamiy wa al ‘Adalah bi al Akhar. al Qahirah; Wizarah al Awqaf Misr, 1423 H/2002 M.

Syahrani, Riduan. Intisari Ilmu Hukum. Cet. VI; Bandung: Citra Aditya Bakti, 2013.

Syarifuddin, Amir. Ushul Fiqh Jilid II Cet. IV; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

al Shirazy, Habiburrahman. Alasan Umrah Plus Wisata Halal Makin Berkembang, diakses republika.co.id pada tanggal 21 April 2019.

Sulaiman, Fajar. Pemahaman tentang Literasi Keuangan, diakses via wartaekonomi.co.id pada tanggal 11 Juni 2019.

Tim Jurnalis Detik.com, Fakta-fakta Mengejutkan dalam Persidangan CEO Abu Tours, diakses https://news.detik.com/ pada tanggal 21 April 2019.

Weruin, Urbanus Ura. “Logika, Penalaran, Argumentasi Hukum”, Jurnal Konstitusi Volume 14 Nomor 2, Juni 2017.

al Zuhailiy, Wahbah. al Wajiz fi Usul al Fiqh. Suriah: Dar al Fikr, 1999




DOI: https://doi.org/10.24252/ad.v8i2.9461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan is indexed by

      

_______________________________________________________

Al-Daulah is officialy sponsored and funded by Department of Criminal and Constitution Law, State Islamic University Alauddin of Makassar

ISSN Print: 2303-050X ISSN Online: 2580-5797

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: aldaulah@uin-alauddin.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats