The Influence of the Inquiry Training Model on the Physics Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.45258Kata Kunci:
Inquiry training , Hasil Belajar Fisika , Pre-test , Post-testAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Makassar raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 berjumlah 20 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yakni menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inquiry training. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry training berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Makassar Raya.
Unduhan
Referensi
Anggi, J. T., Sinuraya, J., Willem, J., Pasar, I., Medan, V., & Utara, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang T.P 2014/2015. Jurnal Inpafi, 4(4).
Hafizah, & Taufik, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMPN 118 Jakarta. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 1(2), 114–123.
Junaedi, E. (2015). Model Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model) ; PEMBELAJARAN. Quangga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 7(1).
Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, Pub. L. No. 103, Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi 1 (2014).
Pertiwi, Harnipa, Hasan, N., & Fatmawati, T. (2022). The Effect of the Mysterious Physics Learning Model Based on Fun Learning on the Physics Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 50–57. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i1.7087
Sani, R. A., & Aulia, R. (2018). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Model. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(3).
Sani, R. A., & Nada, Q. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(1), 40–45.
Sirait, R. (2012). Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas Viii Mts N-3 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 21–26.
Susanti, A., Sajidan, & Sugiyarto. (2014). Pembelajaran Biologi Menggunakan Inquiry Training. Jurnal Inkuiri, 3(1), 75–84.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Felisia Sanjaya, Pertiwi, Nurhikmah Hasan, Azinal Reza, Titin Fatmawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: al.khazini@uin-alauddin.ac.id