The Influence of the Inquiry Training Model on the Physics Learning Outcomes

Penulis

  • Felisia Sanjaya Universitas Pancasakti
  • Pertiwi Universitas Pancasakti
  • Nurhikmah Hasan Universitas Pancasakti
  • Azinal Reza SMA Negeri 3 Makassar
  • Titin Fatmawati SMP Negeri 2 Barombong

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.45258

Kata Kunci:

Inquiry training , Hasil Belajar Fisika , Pre-test , Post-test

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Makassar raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 berjumlah 20 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yakni menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inquiry training. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry training berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Makassar Raya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggi, J. T., Sinuraya, J., Willem, J., Pasar, I., Medan, V., & Utara, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis di SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang T.P 2014/2015. Jurnal Inpafi, 4(4).

Hafizah, & Taufik, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SMPN 118 Jakarta. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia , 1(2), 114–123.

Junaedi, E. (2015). Model Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model) ; PEMBELAJARAN. Quangga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 7(1).

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014, Pub. L. No. 103, Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi 1 (2014).

Pertiwi, Harnipa, Hasan, N., & Fatmawati, T. (2022). The Effect of the Mysterious Physics Learning Model Based on Fun Learning on the Physics Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 50–57. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i1.7087

Sani, R. A., & Aulia, R. (2018). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Model. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(3).

Sani, R. A., & Nada, Q. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(1), 40–45.

Sirait, R. (2012). Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas Viii Mts N-3 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 21–26.

Susanti, A., Sajidan, & Sugiyarto. (2014). Pembelajaran Biologi Menggunakan Inquiry Training. Jurnal Inkuiri, 3(1), 75–84.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Sanjaya, F., Pertiwi, Hasan, N., Reza, A., & Fatmawati, T. (2024). The Influence of the Inquiry Training Model on the Physics Learning Outcomes. Al-Khazini, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.45258

Terbitan

Bagian

Artikel