Faktor Yang Mempengaruhi Kemampulabaan Pada Perusahaan Perikanan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Suriyanti -

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis pengaruh simultan volume penjualan, biaya operasional dan nilai tukar rupiah terhadap dollar pada kemampulabaan perusahaan sektor perikanan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. (2) Untuk menjelaskan variabel yang dominan mempengaruhi kemampulabaan perusahaan perikanan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

Penelitian  ini  menggunakan  kuantitatif  (Quantitative approach),    yakni suatu pendekatan yang menekankan pada pengujian teori-teori  atau  konsep melalui  pengukuran  variabel  dan  melakukan prosedur  analisis  data  dengan peralatan   statistik   serta   bertujuan   untuk menguji   hipotesis. Berdasarkan jenisnya,   maka   penelitian   ini   tergolong penelitian exsplanatory research. Penelitian eksplanasi digunakan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau   bagaimana   suatu variabel memengaruhi variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa hubungan di antara  ke 3 variabel bebas volume penjualan, biaya operasional, nilai tukar rupiah yang berpengaruh signifikan hanya biaya operasional sedangkan variasi naik turunnya nilai tukar rupiah dan volume penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampulabaan. Hasil yang diperoleh dari nilai signifikansi sebesar 0.000 sedangkan nilai R2 Square sebesar

0,890%, maka dapat dikatakan bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari variasi

variabel secara keseluruhan sebesar 89% sedangkan 11% ditentukan oleh faktor lain di luar model.

Keywords


kemampulabaan, nilai tukar rupiah

References


Amailia, L. S dan Herdiningtyas, W. 2005.AnalisisRasio CAMEL terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah Pada Lembaga Perbankan Periode 2000-2002. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.Vol: 7 No. 2, STIE PERBANAS, Surabaya.

Adeyemi-Belo.2000. Bank Indonesia, 2004. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor:6/10/PBI/2004.Online.www.bi.go.id.

Bank, Indonesia. 2004. Laporan pengawasan perbankan. Online. www.bi.go.id.

Dendawijaya, Lukman. 2003. Manajemen Perbankan. Edisikedua. Jakarta. Ghalia- Indonesia.

Ghozali.Imam.2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.BadanPenerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali.Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, BadanPenerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Mahardian, Pandu. 2008. AnalisisPengaruhRasio CAR, BOPO, NPLI, NIM dan LDR Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Kasus Perusahaan Perbankan Yang Tercatat Di BEJ PeriodeJuni 2002- Juni 2007).Tesis.Universitas Dipanegoro. Semarang.

Mekusiawati, Ni Ketut Lely Aryani. 2007. Evaluassi Pengaruh CAMELS Terhadap Kinerja Perusahaan. Buletin Studi Ekonomi Vol.12, No. 1 Hal 100.

Meythi.2005. Rasio Keuangan yang paling baik Untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba Suatu studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek.Jurnal.EkonomidanBisnisVol. XI No. 2, Jakarta.

Mas’ud, Machfoedz. 1999. Akuntansi Manajemen 2. Edisi 3.BPFE. Yogyakarta.

Pamungkas, AdityaArlin. 2016. PengaruhCapital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Dan Perbandingan Biaya Operasioanal Dengan Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Assets (ROA) (Studi Emperis Pada 3 Bank Persero Terbesar Di Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. UniversitasMuhammadiyah. Surakarta.

Ponco, Budi. 2008. Analisis Pengaruh CAR, NPL, BOPO, NIM, Dan LDR, terhadap ROA. (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007).Tesis. Universitas Diponegoro.

Pamularsih, Diyah. 2013. Pengaruh LDR, NPL, NIM, BOPO, CAR Dan Suku Bunga Terhadap Profitabilitas Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periodetahun 2009-2013.Jurna.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran.Semarang.

Sugiono, Arief, 2009. Manajemen Keuangan Untuk Praktis Keuangan: Rasio- Rasiokeuangan. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Suyatno, Thomas. Marala, T. Djuhaepah. Abdullah, Azhar. Aponno, Thomas, Johan. Ananda, Yunianti, Tinon. Chalik, H.A. 2007. Kelembagaan Perbankan. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sudarini.2005. Penggunaan Rasio Keuangan dalam Memprediksi Laba Pada Masa yang Akan Datang (StudiKasus di Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta).Jurnal.Akuntansi&Manajemen.Vol. XVI. No. 3, Desember, Hal.195-207.

Siamat, Dahlan. 2002. Manajemen Lembaga Keuangan: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wiyani dkk, 2005. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga Deposito dan Volume Perdagangan terhadap Harga Saham pada perusahaan perbankan di BEI. Jurnal keuangan dan Perbankan, Tahun IX No. 3 September.

Yuliani, 2007, Hubungan Efisiensi Operasional Dengan kinerja Profitabilitas Pada Sektor Perbankan Yang Go Publik Di Bursa Efek Jakarta .Jurnal Manajemen & bisnis. Sriwijaya Vol. 5 No. 1




DOI: https://doi.org/10.24252/minds.v4i1.3136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi indexed by

   

In Collaboration with:

 

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi

ISSN Print: 2442-4951 ISSN Online: 2597-6990

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Email: minds@uin-alauddin.ac.id