Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Konsep Hotel Syariah (Sharia Compliant Hotel) Survei Pada Konsumen Hotel Bunda Padang

Authors

  • Verinita Verinita Universitas Andalas
  • Fadhillah Rizki Irza Universitas Andalas

DOI:

https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6312

Keywords:

Hotel Syariah, Operasional Pelayanan, Desain dan Interior, Keuangan, Persepsi Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap hotel syariah pada Hotel Bunda Padang. Variabel dalam penelitian ini adalah Konsep Syariah pada Hotel yang terdiri dari 3 sub variabel yaitu operasi pelayanan, desain dan interior dan keuangan.Untuk mengetahui hasil persepsi konsumen, peneliti menggunakan Analisis Univariat dengan program SPSS versi 23. Populasi yang digunakan adalah pengunjung Hotel Bunda Padang dengan sampel 135 responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa rata-rata responden memberikan persepsi yang positif terhadap konsep Hotel Syariah pada Hotel Bunda Padang dengan nilai rata-rata tertinggi pada bagian sub variabel Keuangan yaitu manajemen dan fasilitas keuangan berbasis kepatuhan syariah.

Author Biography

Verinita Verinita, Universitas Andalas

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi

References

Arby, Ikhsan. (2014). Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Hotel Syariah Di Bukittinggi. Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Ahmat, Nur Hidayah. Ridzuan, Ahmad. Din, Norrina. Zainol, Noorliza. Mohammad Azli Razali. (2015). Syariah Complian Hotel : The Concept and Practices. Malaysia. Universitas Teknologi MARA

Fadhil, Mohd dan Mohd Yusof (2013). Introducing Shariah Compliant Hotels as a New Tourism Product : The Case of Malaysia

Ghozali, Imam. (2006). Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro

Halim, Roslille. Marzuki, Sharifah. Hilmi, Zulkifli. Ali, Roslina. Maisarah Ishak. (2016). Measurment Of Shariah Compliant Hotel Selection Factors Using Importance-Performance Analysis. Malaysia. Universitas Teknologi MARA

Hendorson, J.C. (2010). Shariah-Compliant Hotels. Tourism and Hospitality Research, 10 (3), 246-254

Jais, Ahmad Sahir. (2016). Shariah Compliance Hotel: Concepts and Design (1sted). Malaysia: Koperasi Politeknik Merlimau Malaka Berhad

Kabarnagari.com, (12 Juni 2017). Diakses pada bulan November 2017

Kemenpar. (2015). Pesona Magazine New Wave Moeslem Tourism (2nd ed): Sumatera Barat dan Potensi Destinasi Wisata Halal, 47-50.

Kotler,Philip dan Gary Armstrong (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terj. Bob Sabran. Jakarta, Penerbit Erlangga

Koran Singgalang Padang, (19 September 2017). Diakses pada bulan November 2017

Kominfo.go.id. (17 November 2016). Diakses pada bulan November 2017

M.metrotvnews.com. (10 Januari 2017). Diakses pada November 2017

Mansouri, Shirzad (2014, January 30-31). Role of Halal Tourism Ideology in Destination Competitiveness: A Study on Selected Hotels in Bangkok, Thailand. International Conference on Law, Education and Humanities.

Saad, Hesham. Ezzat., Ali, Badran. Nabil., Abdel-Ati, Abdel-allem., Magdy (2014). Sharia-Compliant Hotels in EGYPT: Concept and Challenges. Advances in Hospitality and Tourism Research

Samori, Zakiah dan Fadhilah Rahman. (2013). Towards The Formation Of Shariah Compliant Hotel In Malaysia : An Exploratory Study On Its Opportunities And Challenges. The West East Institute

Sekaran,Uma (2006)). Research Methods for Business. Terj. Kwan Men Yon. Jakarta, Penerbit Salemba Empat

Setkab.go.id. (6 Januari 2017). Diakses pada Desember 2017

Sofyan, Riyanto. (2014). Model Implementasi Bisnis Syariah. Sofyan Hospitality, PT. Sofyan Hotels Tbk.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta. Penerbit Alfabeta.

www.bps.go.id. (2016). Diakses pada November 217

Zafir, Nor. (2014). Establishing Shariah-compliance hotel characteristics from a muslim needs perspective. Malaysia. Universitas Teknologi Malaysia

Published

2018-12-19

How to Cite

Verinita, V., & Irza, F. R. (2018). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Konsep Hotel Syariah (Sharia Compliant Hotel) Survei Pada Konsumen Hotel Bunda Padang. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 163–172. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6312

Issue

Section

Volume 5, Nomor 2, 2018