PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • Yuni Yuliyati
  • Baharuddin Baharuddin
  • Rafiqah Rafiqah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
rotating trio exchange pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1
Polongbangkeng Utara, meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1
Polongbangkeng Utara.. Jenis penelitian tindakan kelas dan instrumen dalam penelitian
adalah lembar observasi, tes tertulis, kuisioner respon siswa dan rekaman foto. Menggunakan
analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I
berada pada kategori cukup dan siklus II pada kategori baik. Respon siswa terhadap
pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara pada mata pelajaran
fisika dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50,00%
meningkat menjadi 78,12% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dipayana, Dyatma. 2014. “Pengaruh Strategi

Pembelajaran Rotating Trio Exchange

(RTE) Terhadap Hasil Belajar

Matematika” Mimbar PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha 2, no. 1: h. 8-9.

Kasmadi dan Nia. 2014. Panduan Modern

Penelitian Kuantitatif. Bandung:

Alfabeta

Mas”ud, Yellis. 2012

(http:yellismasud.blogspot.com/2012/rotat

ing-trio-exchange.html) pada tanggal 25

November 2015.

Muhaimin. 2012. Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange.

Tombolo Pao: -,2012. http://muhaimin-totombolo-

pao.blogspot.co.id/2012/04/modelpembelajaran-

kooperatif-tipe.html (1 Maret

.

Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2005.

Effective Teaching, Evidence and

Practice, California: SAGE Publications

Ltd.

Ramayulis, H. 2002. Ilmu Pendidikan

Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sillberman, Mel. 2007. Active Learning: 101

Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah:

Sarjuli. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. Bandung; Remaja

Rosdakarya.

Published
2016-09-01
How to Cite
Yuliyati, Y., Baharuddin, B., & Rafiqah, R. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 100-103. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3713
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 562 times

Most read articles by the same author(s)