MEMBACA SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN INTELEKTUAL

  • Dahlia Patiung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Membaca itu sangat penting karena membaca adalah suatu proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan atau informasi. Selain untuk mendapatkan informasi, membaca juga bermanfaat untuk memahami seluruh informasi yang tertera dalam teks bacaan sehingga dapat menjadi bekal ilmu pengetahuan (pengembangan intelektual) untuk masa depan pembaca itu sendiri, dapat menstimulasi mental, mengurangi stres, menambah kosa kata dan memperluas pemikiran seseorang. Pada hakikatnya membaca adalah suatu proses yang bersifat fisik dan psikologis, dimana kita mengamati tulisan secara visual dan berpikir dalam mengolah informasi dalam bacaan tersebut.

References

Asdam, Muhammad. 2016. Bahasa Indonesia (Pengantar Pengembangan Kepribadian dan Intelektual). Makassar: LIPa. Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers. Dino Saputra, “15 Manfaat Membaca Buku”, diakses dari manfaat.co.id/manfaatmembaca-buku, pada tanggal 25 November 2016 pukul 20.15 WITA. Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara. Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?, Bandung: Sinar Baru Algesindo. Kridalaksana, Harimurti. 1985. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan den Pengembangan Bahasa.

Dr. Ramly, M.Hum, 2014, Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia, Jakarta.

Syafi’ie, Imam. 1999. Pengajaran Membaca Terpadu. Bahan Kursus Pendalaman Materi Guru Inti PKG Bahasa dan Sastra Indonesia. Malang: IKIP.

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2016-12-14
Section
Artikel
Abstract viewed = 5216 times