Efektivitas Penerapan Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavioral Modification) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang sebelum diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 2) Peningkatan daya saing peserta didik yang setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 3) Mengetahui efektifitas model modifikasi tingkah laku terhadap peningkatan daya saing peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Pada tahun pembelajaran 2019/2020. Yang berjumlah 36 peserta didik yang tersebar dalam 1 kelas. Sampel penelitian berasal dari kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang sebelum diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan pertama sebesar 51,67 berada pada kategori cukup, pada pertemuan kedua sebesar 52,77berada pada kategori cukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 56,28 berada pada kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan keempat sebesar 80,83 berada pada kategori baik, pada pertemuan kelima sebesar 85,36 berapa pada kategori baik, dan pada pertemuan keenam sebesar 88,05 berapa pada kategori baik sekali. Selanjutnya diperoleh data menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00< 0,05. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar setelah menggunakan model modifikasi tingkah laku lebih efektif untuk peningkatan hasil belajar fisika dari pada peserta didik yang diajar sebelum dengan menggunakan model modifikasi tingkah laku. Hal ini menunjukkan bahwa model modifikasi tingkah laku sangat efektif pada peningkatan hasil belajar fisika untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha.
Downloads
References
Choyl S. Chee, Joanne Sau-Ching Yim1, dkk, A Metacognitive Knowledge, Metacognitive Experience, and Its Effects on Learning Outcomes for Stem and Non-Stem Malaysian Students, International Journal of Advanced Research in Education and Society e-ISSN: 2682-8138 | Vol. 2, No. 1, 1-14, (2020)http://myjms.moe.gov.my/index.php/ijares, hal 2 http://103.8.145.246/index.php/ijares/article/view/8302(Diakses 20 juni 2020)
Departemen agama RI.Al –Qur’an dan terjemahannya. Bandung : CV Penerbit J. ART,2004.
Hamalik Oema. 2009. Proses Belajar Mengajar. Cek X; Jakarta Bumi Aksara
Dani, A. U., & Hilwa, N. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 118-126.
Hamalik Oema. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Jeyce Bruce, Weil Marsha, Calhoun Emily. 2009. “Model Of Teaching Model-model Pembelajaran.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kunandar. 2014. Penilaian autentikn(Penilaian hasil beajar peserta didik berdasarkan kurikulum). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Purwanta, Edi, dkk. 2014. Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran untuk Anak dengan Masalah Perilaku. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 33 No. 2. Hal 199-210
Rusyidi, Rifqi. 2016.Buku Guru AL – Qur’an Hadis Kelas XII Madrasah Aliyah K-13. Jakarta : Kementrian Agama
Saputra Afriyola, Djusmaini Djamas, dan Yulkifli. 2013. “Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Sistematis berbantuan solution path online (SOP) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Batang Kapas.” Jurnal Pendidikan Fisika Vol.1
Suprijono, Agus.2011.Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka pelajar.Hal. 17.
Sudjana Nana, 2015 Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindu. Hal. 123
Tiangka Safril, Qaddafi Muhammad, Suhardiman. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gamerincing Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6. No. 1 (2018)
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: al.khazini@uin-alauddin.ac.id