Efektivitas Penerapan Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavioral Modification) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

  • Rafiqah Rafiqah Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
  • Suhardiman Suhardiman
  • Fauziah Fauziah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang sebelum  diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku  pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 2) Peningkatan daya saing peserta didik  yang setelah diajar  menggunakan model modifikasi tingkah laku  pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 3) Mengetahui  efektifitas model modifikasi tingkah laku terhadap  peningkatan daya saing  peserta didik  pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. Desain penelitian yang digunakan adalah Time Series Design.Populasi pada penelitian ini adalah  seluruh kelas X  MIA 1 SMAN 1 Woha. Pada tahun  pembelajaran 2019/2020. Yang berjumlah 36  peserta didik yang tersebar  dalam 1 kelas. Sampel penelitian  berasal dari  kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 orang. Pengambilan  sampel dilakukan dengan cara Convenience Sampling. Hasil penelitian deskriptif  menunjukkan  bahwa  nilai rata-rata hasil  belajar fisika  peserta didik yang sebelum diajar menggunakan  model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification).  Pada pertemuan pertama sebesar 51,67 berada pada kategori cukup, pada pertemuan kedua sebesar 52,77berada pada kategori cukup, dan pada pertemuan ketiga sebesar 56,28 berada pada kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan model modifikasi tingkah laku (Behavioral Modification). Pada pertemuan keempat sebesar 80,83 berada pada kategori baik, pada pertemuan kelima sebesar 85,36 berapa pada kategori baik, dan pada pertemuan keenam sebesar 88,05 berapa pada kategori baik sekali. Selanjutnya  diperoleh  data menggunakan  uji Wilcoxon Matched Pairs   diperoleh  nilai signifikan sebesar 0,00< 0,05. Sehingga  ada perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang diajar setelah  menggunakan model modifikasi tingkah laku  lebih efektif  untuk peningkatan hasil  belajar fisika  dari pada  peserta didik yang diajar sebelum dengan menggunakan model modifikasi tingkah laku. Hal ini  menunjukkan bahwa  model modifikasi  tingkah laku  sangat efektif  pada  peningkatan hasil  belajar  fisika untuk  meningkatkan hasil  belajar fisika peserta didik pada kelas X MIA 1 SMAN 1 Woha. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choyl S. Chee, Joanne Sau-Ching Yim1, dkk, A Metacognitive Knowledge, Metacognitive Experience, and Its Effects on Learning Outcomes for Stem and Non-Stem Malaysian Students, International Journal of Advanced Research in Education and Society e-ISSN: 2682-8138 | Vol. 2, No. 1, 1-14, (2020)http://myjms.moe.gov.my/index.php/ijares, hal 2 http://103.8.145.246/index.php/ijares/article/view/8302(Diakses 20 juni 2020)

Departemen agama RI.Al –Qur’an dan terjemahannya. Bandung : CV Penerbit J. ART,2004.

Hamalik Oema. 2009. Proses Belajar Mengajar. Cek X; Jakarta Bumi Aksara

Dani, A. U., & Hilwa, N. (2020). Perbandingan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran POE dan Pembelajaran Inkuiri Bebas Termodifikasi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 118-126.

Hamalik Oema. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Jeyce Bruce, Weil Marsha, Calhoun Emily. 2009. “Model Of Teaching Model-model Pembelajaran.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kunandar. 2014. Penilaian autentikn(Penilaian hasil beajar peserta didik berdasarkan kurikulum). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanta, Edi, dkk. 2014. Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran untuk Anak dengan Masalah Perilaku. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 33 No. 2. Hal 199-210

Rusyidi, Rifqi. 2016.Buku Guru AL – Qur’an Hadis Kelas XII Madrasah Aliyah K-13. Jakarta : Kementrian Agama

Saputra Afriyola, Djusmaini Djamas, dan Yulkifli. 2013. “Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Sistematis berbantuan solution path online (SOP) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Batang Kapas.” Jurnal Pendidikan Fisika Vol.1

Suprijono, Agus.2011.Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka pelajar.Hal. 17.

Sudjana Nana, 2015 Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Sudjana Nana dan Rivai Ahmad. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindu. Hal. 123

Tiangka Safril, Qaddafi Muhammad, Suhardiman. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gamerincing Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Fisika Vol.6. No. 1 (2018)

Published
2021-04-28
How to Cite
Rafiqah, R., Suhardiman, S., & Fauziah, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Modifikasi Tingkah Laku (Behavioral Modification) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. AL-KHAZINI: JURNAL PENDIDIKAN FISIKA, 1(1), 19-38. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i1.20832
Section
Artikel
Abstract viewed = 441 times