EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK PICTURE AND GRAPH TECHNOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTS AL-QAMAR

  • Hasbullah Hasbullah
    (ID)
  • Novi Aliatri
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar Fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan teknik Picture and Graph Technology kelas IX MTs Pesantren Al-Qamar. 2) Mengetahui hasil belajar Fisika peserta didik yang tidak diajar menggunakana model pembelajaran Project Based Learning dengan teknik Picture and Graph Technology kelas IX MTs Pesantren Al-Qamar. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dan tidak diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan teknik Picture and Graph Technology kelas IX MTs Pesantren Al-Qamar.
Desain penelitian yang digunakan adalah The Non Ekuivalen Post-test Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas IX MTs Pesantren Al-Qamar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 67 orang yang terdiri atas 3 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini berasal dari kelas IX A dan IX B yang masing-masing berjumlah 23 orang dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara convenence sampling.
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas IX A yang tidak diajar dengan menggunakan pembelajaran Project Based Learning dengan teknik Picture and Graph Technology sebesar 63,91 dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Project Based Learning dengan teknik Picture and Graph Technology sebesar 80,00. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran Project Based Learning dengan teknik Picture and Graph Technology lebih efektif daripada saat diajar menggunakan pembelajaran Konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-17
How to Cite
Hasbullah, H., & Aliatri, N. (2022). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TEKNIK PICTURE AND GRAPH TECHNOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTS AL-QAMAR. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 16-24. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v2i1.31293
Section
Artikel
Abstract viewed = 167 times