Analysis Of Students' Understanding Of Concepts On Fluid Topics

Authors

  • Marlina Septiani Sihombing Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.42949

Keywords:

pemahaman konsep, fluida statis, fluida dinamis, three tier

Abstract

Dikenal sebagai ilmu sains yang mempelajari tentang fenomena alam, oleh karena itu pembelajaran fisika memerlukan kemampuan pemahaman konsep fisika pada semua materi fisika terutama pada materi fluida. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah. Dikarenakan pembelajaran fisika kebanyakan masih menggunakan metode ceramah dengan berbantuan teks beserta Power Point, tetapi jarangnya ditemukan pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen yang dapat mempengaruhi tingkat pemahaman konsep fisika peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada 16 siswa di salah satu SMA di Kota Medan SMAS FREEMETHODIST-1 MEDAN dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika siswa pada topik materi fluida yang mencakup fluida statis dan fluida dinamis serta menganalisis sub topik materi apa saja yang sering menjadi permasalahan siswa pada pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan intrumen 10 soal three tier tentang Tekanan Hidrostatis, Hukum Pascal, Hukum Archimedes dan Prinsip Hukum Bernoulli. Berdasarkan penelitian ini siswa mengalami miskonsepsi pada semua sub topik fluida yang diujikan yaitu Tekanan Hidrostatis dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 50% dan yang tidak paham konsep sebesar 50%. Hukum Pascal dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 25% dan yang tidak paham konsep sebesar 50%. Hukum Archimedes dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 37,5% dan yang tidak paham konsep sebesar 62,5%. Prinsip Bernoulli dengan rata-rata miskonsepsi sebesar 59% dan yang tidak paham konsep sebesar 28%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berek, F. X., Sutopo, S., & Munzil, M. (2016). Concept enchancement of junior high school students in hydrostatic pressure and archimedes law by predict-observe-explain strategy, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (2), 230-238. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.6038

Harmania, Aisyah, A., & Patandean, J. (2020). Miskonsepsi Materi Fluida Statis Pada Peserta Didik Kelas XI MIA 7 SMA Negeri 1 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2(2013), 2–5.

Irwansyah, Sukarmin, & Harjana. (2018). Analysis Profile of Student Misconceptions on the Concept of Fluid Based Instrument Three-Tier Test. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012020

Jumilah, Eko Puji Lestari, Wasis (2022). Introduksi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik pada Sub-materi Asas Bernoulli memakai Four-tier Diagnostic Test. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 3 (1), 20-27.

O Saputra, A Setiawan, D Rusdiana dan Muslim (2019). Miskonsepsi siswa SMA pada topik fluida. Prosiding Seminar Nasional, Bandung, 65-72.

Prastiwi, V. D., Parno, P., & Wisodo, H. (2018). Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada materi fluida statis. Momentum: Physics Education Journal, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.2216

Ramadhan Very Kurniawan, (2023). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Topik Fluida Statis. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3 (1).

Syahrul, D. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).

Published

2025-04-30

How to Cite

Sihombing, M. S. (2025). Analysis Of Students’ Understanding Of Concepts On Fluid Topics. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v5i1.42949

Issue

Section

Artikel