HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

Reski Ramadani, St. Hasmiah Mustamin, Ridwan Idris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika siawa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk kreativitas guru dan gaya belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 76% dan 66%. Kemudian untuk hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai persentase sebesar 55% yang berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis statistik inferensial (korelasi berganda) diperoleh sig. F Change < 0.05. Artinya, terdapat hubungan positif penerapan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa.


Keywords


Kreativitas Guru; Gaya Belajar; Hasil Belajar

References


Bobbi, D., & Hernacki, M. (1999). Quantum learning. Bandung: Kaifa.

Gilakjani, A. P. (2012). Visual, auditory, kinaesthetic learning styles and their impacts on engliah language teaching. Macrothink Institute.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Cet. I; Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kalsum, S. (2015). Guru Matematika Kelas X SMAN 1 Bontomarannu, Wawancara.

Mulyasa E. (2015). Menjadi guru profesional. Cet. XIII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muntiari, N. W., dkk. (2013). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4.

Retnowati, K. S. (2013). Meningkatkan kreativitas guru TK melalui pengembangan motivasi berprestasi dan kompetensi pedagogik. Jurnal Pendidikan Penabur, No. 20.

Riduwan. (2006). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sagitasari, D. A. (2010). Hubungan antara kreativitas dan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Godean. Skripsi. Program Studi Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukada, I. K., dkk. (2013). Konstribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4.

Yudiani, N. M., dkk. (2014). Kontribusi kemampuan verbal dan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pelajaran matematika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4.




DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

     BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait      


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)

Office Address:

Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 View MaPan Stats