Survei Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA Pada Materi Glb Dan Glbb
DOI:
https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.42964Kata Kunci:
Kesulitan belajar, Pemahaman Konsep, Usaha dan EnergiAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen pada penelitian ini berupa angket yang berisi soal pernyataan tentang pemahaman konsep materi GLB dan GLBB. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika kelas XII IPA di SMA Negeri 14 Medan pada materi GLB dan GLBB . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika kelas XII IPA di SMA N14 Medan pada materi GLB dan GLBB menunjukkan persentase pemahaman konsep siswa yang rendah lebih dominan, dimana siswa masih banyak siswa yang kurang memahami konsep GLB dan GLBB.
Unduhan
Referensi
Abi, A. M., Lenamah, A. S., & Babys, U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri Siso. Didactical Mathematics, 4(2), 294–301. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334
Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Isntrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707
Erlangga, S. Y., & Susanti, S. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 312–316. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.914
Fransiska, G., Tandililing, E., & Hidayatullah, M. M. S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54941
Gerak, K., Kelas, L., Sma, X. I. P. A., & Tukka, N. (n.d.). Penerapan Model Course Review Horay Untuk.
Jawaban, P., & Positif, P. (n.d.). Kisi-Kisi Kuesioner Regulasi Diri Siswa No Dimensi Indikator No . Pernyataan Positif Negatif Jumlah Rubrik Penskoran Kuesioner Regulasi diri DIUJICOBAKAN A . Identitas Siswa Nama B . Petunjuk Pengisian Kuisioner 1 . Kuisioner ini terdiri dari 35 pernyataa.
Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Nurfajriyah, A. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Konsep Fisika Ditinjau Berdasarkan Tahap Penyelesaian Soal.
Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X Mia Sma Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23–31. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033
Rose Amanda Puri, P., & Riki Perdana. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Di Bantul Pada Materi Fluida Statis Dan Upaya Peningkatannya Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i2.2463
Septiningkasih, F., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2012). Peningkatan pemahaman siswa pada pokok bahasan gerak lurus dengan pemanfaatan kit mekanika siswa kelas VII SMP PGRI 1 Klirong tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 11–15.
Setyantini, W. T., Rahardjo, D. T., & Suharno, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 12(2), 56. https://doi.org/10.20961/jmpf.v12i2.60666
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Natalia Hutahaean

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: al.khazini@uin-alauddin.ac.id