Survei Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA Pada Materi Glb Dan Glbb

Penulis

  • Natalia Hutahaean Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.42964

Kata Kunci:

Kesulitan belajar, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energi

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen pada penelitian ini berupa angket yang berisi soal pernyataan tentang pemahaman konsep materi GLB dan GLBB. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika kelas XII IPA di SMA Negeri 14 Medan pada materi GLB dan GLBB . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep fisika kelas XII IPA di SMA N14 Medan pada materi GLB dan GLBB menunjukkan persentase pemahaman konsep siswa yang rendah lebih dominan, dimana siswa masih banyak siswa yang kurang memahami konsep GLB dan GLBB.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abi, A. M., Lenamah, A. S., & Babys, U. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri Siso. Didactical Mathematics, 4(2), 294–301. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Isntrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707

Erlangga, S. Y., & Susanti, S. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 312–316. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.914

Fransiska, G., Tandililing, E., & Hidayatullah, M. M. S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54941

Gerak, K., Kelas, L., Sma, X. I. P. A., & Tukka, N. (n.d.). Penerapan Model Course Review Horay Untuk.

Jawaban, P., & Positif, P. (n.d.). Kisi-Kisi Kuesioner Regulasi Diri Siswa No Dimensi Indikator No . Pernyataan Positif Negatif Jumlah Rubrik Penskoran Kuesioner Regulasi diri DIUJICOBAKAN A . Identitas Siswa Nama B . Petunjuk Pengisian Kuisioner 1 . Kuisioner ini terdiri dari 35 pernyataa.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265

Nurfajriyah, A. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Konsep Fisika Ditinjau Berdasarkan Tahap Penyelesaian Soal.

Riwanto, D., Azis, A., & Arafah, K. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Kelas X Mia Sma Negeri 3 Soppeng. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(2), 23–31. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i2.11033

Rose Amanda Puri, P., & Riki Perdana. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA Di Bantul Pada Materi Fluida Statis Dan Upaya Peningkatannya Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i2.2463

Septiningkasih, F., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2012). Peningkatan pemahaman siswa pada pokok bahasan gerak lurus dengan pemanfaatan kit mekanika siswa kelas VII SMP PGRI 1 Klirong tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 11–15.

Setyantini, W. T., Rahardjo, D. T., & Suharno, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 12(2), 56. https://doi.org/10.20961/jmpf.v12i2.60666

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Natalia Hutahaean. (2024). Survei Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA Pada Materi Glb Dan Glbb. Al-Khazini, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v4i1.42964

Terbitan

Bagian

Artikel